(Kadang) Sabtu (kadang minggu) bersama Bapak …

Menjadi kebiasaan buat gue adalah weekend di Pondok Ranggon. Ini adalah suatu kebiasaan yang gue gak pernah bayangkan sebelumnya ya (Ya tentu saja sih Ter .. )

Sabtu atau Minggu gue sama Nyokap dan kakak gue menjadikan weekend adalah waktunya nengokin makam bokap. Berdoa pasti, menebarkan bunga dan air mawar di setiap kunjungan juga pasti. Dan gue yakin sekali di setiap kunjungan ini, entah itu Nyokap atau kakak pasti ‘berbicara’ dengan Bokap.

Sama hal nya gue. Di setiap kunjungan gue, selalu ada yang gue update dari kehidupan random gue ke bokap. Hal ini yang selalu gue lakukan dulu waktu bokap masih ada setiap kali gue pulang ke rumah bokap. Mostly kerjaan, kehidupan kantor yang banyak drama hahaha atau update inner circle gue, misalnya Sahabat gue yang punya pacar beda negara, atau sahabat gue yang bini nya sekolah lagi di Jepang.

Atau bahkan gue minta doa sama Bokap gue. Lebih tepatnya minta restu. Atas semua hal-hal besar yang akan gue lakukan. Atas semua achievement di kantor maupun di kehidupan gue lainnya yang gue rasa gue perlu mendapatkan restu bokap, selain restu nyokap.

That little moment yang gue gak bisa dapetin lagi. Terus gue lakukan. Bedanya, gue sekarang berbicara dengan gundukan tanah yang menggambarkan sosok Bokap gue. Gundukan tanah yang mungkin gue kayak orang gila ngobrol sama tanah kalo dilihat orang.

Gak papa sih kalo buat gue. Kenapa ?

Karena gundukan tanah itu lah gue bisa bertahan untuk enggak nangis setiap kali nyokap gue nangis keinget bokap. Gundukan tanah yang setiap gue pegang rumputnya, seperti gue memegang tangan bokap gue dan gue selalu berujar “Pah, nanti adek balik lagi ya … Jagain kita semua ya Pah …”

Cheers, Tere.

photo 4

photo 1

IMG_7084

IMG_7082

photo 3

Processed with VSCOcam with f2 preset Processed with VSCOcam with f2 preset

2 comments

  1. Halo oom🙂

  2. peluk eraaat…🙂

Leave a Reply

