Sabar ya … :)

Lo tahu gak pernah ada yang bilang kalau satu hari nanti saat lo udah lewatin masa berat lo, lo akan ingat dan lo akan mikir kalau lo ternyata berhasil ya ngelewatin masa-masa itu ?

Gue ada di fase itu saat ini 🙂 Jadi kan ya Iphone7 ini memori nya 32GB sedangkan gue adalah Mbak kantoran biasa yang suka banget nyobain feature video dan edit foto. Nah apa hubungannya? Memori gue cepet banget full dan ternyata gue dulu tuh pernah download apps Google Photo, dan pas gue download lagi, karena sempet yang gue delete, eh ada foto-foto lama. Dan .. sekitaran setahun lalu gue kek ditampar dengan lihat foto gue di RS.

Mei 2018, setahunan lalu, gue operasi untuk memasukkan kembali adik Usus yang sudah lebih dari 8 bulan di luar perut. Gue baru ngeh, di masa itu betapa Gue dan Kakak gue ngurusin berdua aja, masih keinget banget gimana kakak gue sampe nangis di meja registrasi pendaftaran kamar karena kamar gue AC nya mati. Ya gimana enggak, ditawarin kamar RS tapi kok ya AC nya mati. Waktu itu gue udah gak mikir lagi sih karena fokus ke kamar gimana cara pokoknya dapet kamar deh.

Kenapa gue ngebahas yang dulu-dulu ? Karena setahun itu cepat banget yha. Setelah operasi banyak banget kejadian yang bikin gue ngelus dada, yang bikin nangis berbulan-bulan, yang bikin gue harus bangun setelah kayak berkali-kali gue capek untuk jatuh terus. Berbulan-bulan gue harus menata hati dan harus ngalihin rasa sedih ke kerjaan kantor, sampai harus balik malam hampir setiap hari selama 6 bulan dan bikin Boss gue keduanya khawatir luar biasa. Gue sampe disuruh cuti, karena Boss gue concern banget gue stress saking otak gak berhenti mikir.

Terlibat di banyak project, minta dilibatkan di banyak Project, kalau gak kuat, sore-sore bisa nangis di kantor, kadang kalo hati dan pikiran capek luar biasa, capek bukan karena kerjaan, capek karena harus bertarung sama pikiran dan hati, jadi beban pikiran mematikan tuh benar adanya ya. Melewati masa-masa itu dan gak tahu harus bicara sama siapa itu melelahkan karena harus melaluinya sendirian.

Kok bisa ?

Kadang ya, kalau ada orang yang baru kenal bilang yang baik-baik sama gue, misalnya, “Tere itu orangnya nyenengin, bikin orang happy” , “Tere tuh gak pernah capek ya, kayaknya kerja terus orangnya”, “Kak Tere itu kuat banget ya … ” .. Percaya gak, gue nih, orang yang kalian pikir cuma ada baik-baiknya kayak gitu, adalah orang yang paling sering ngerasa gak pantas dengan semua pujian itu. Orang yang ngerasa hidup ini buat apa ya, gue tuh hidup sebenarnya mau ngapain ya. Orang yang ngerasa gak pantas dicintai dan kadang takut sekali untuk mencintai orang lain, karena ada masanya cinta berakhir dengan kecewa. Jadi ya kayak yang … apa ya … Jangan hati ini menaruh harapan pada orang deh. Mungkin kayak gitu ya, dibilang hati nya keras ya gak juga, tapi ya kayak yang mau nguatin diri sendiri dulu aja sih …

Dan semakin kesini, gue gak lupa sama tahun-tahun dimana gue ngerasa selelah itu sama hidup, tapi sejak tahun ini, gue benar mencoba untuk mencintai diri sendiri. Kayak tubuh gue, pikiran gue, benar-benar yang lagi gue tata. Pengen gue restart. Jadi berasa lebih sering punya keinginan untuk sendirian. Untuk nulis, untuk baca buku, atau ya untuk diam aja sejenak. Diam aja, lihatin orang. Karena apa yang gue lakukan sekarang, sulit untuk dilakukan tahun-tahun sebelumnya.

Satu waktu pernah, gue ngerasa penuh banget sama semuanya. Kecapekan sendiri terus kesel sendiri. Kecapekan karena banyak banget yang dikerjain padahal badan sama pikiran sudah penuh. Nah kalo gitu, kebawa ke emosi, gue jujur sama MasBoss, bilang kalo gue butuh cuti 1 hari aja. Satu hari gak nyentuh kerjaan, gak ngerasa dikejar kerjaan, bener-bener cuma baca buku, atau nulis, atau lihat Instagram sambil ngopi di kedai kopi favorit di Kalibata. Semudah itu.

Kenapa ? Karena untuk tetap waras itu butuh waktu 🙂 Karena untuk deal sama diri sendiri itu perlu waktu dan penting. Dan tiap orang punya caranya masing-masing untuk berdama atau mendamaikan dirinya. Gitu kan ya 🙂

Dan gue bersyukur, sampai sekarang masih ada orang-orang baik yang mau paham dan menerima gue yang jauh banget dari sempurna 🙂

Dan gue bersyukur sampai sekarang masih ada banyak orang yang mau percaya sama gue, untuk ngelakuin banyak hal penting yang awalnya gue ngerasa, apalah gue ini dan eh ternyata bisa. Emang cuma butuh 1 orang ya yang percaya ke kita kalau kita ini mampu ngelakuin hal yang kita pikir kita gak bisa 🙂

Jadi kalau lo sekarang ngerasa hidup lagi sejahat itu sama lo, gue cuma mau bilang .. Sabar ya 🙂 Sabar, tahan. Yang kuat sama diri sendiri. Lo gak sendiri. Ngobrol sama orang terdekat, ambil waktu buat diri sendiri. Mungkin sekarang lo ngerasa dunia segitu jahatnya sama lo, tapi percaya sama gue, lo pasti bisa lewatin ini semua. Gue juga masih belajar, tapi gue bisa. Elo juga pasti bisa 🙂

Dan gue berterima kasih sekali untuk semuanya yang masih mau menggenggam menggandeng tangan ini dan kadang membisikkan kata ..

“Elo gak sendiri Ter” …

Kalian tahu itu kalian kan ya 🙂

Sekali lagi, terima kasih. Semua yang gue lakukan setahun terakhir, semua kesempatan, semua lelah yang menyenangkan, semua pencapaian tidak akan ada tanpa kalian 🙂 Terima kasih ya telah mau bersabar dengan gue 🙂

XL Axiata Change Agent for Corporate Culture

XL Axiata 22nd Anniversary! Capek tapi seneng!

Legend! Ikut ini sendirian, daftar sendirian, kenalan sama Mbak kantoran lainnya yang ternyata sebelahan kantornya hahahah ..

Suryakencana Bogor!

Lepas Mudik Karyawan 2019! SERU!!

Life Update kesekian kalinya!

Bandung bertiga!

Sahabat Waras!

2 comments

  1. Samuel Suwu · · Reply

    Walaupun udah setahun lalu tp tetap semangaaat!

  2. Thank you! 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: