Road Trip with The Ganks! Jakarta – Yogya – Semarang

Kerja di satu unit yang rekan kerja nya berjiwa millennial tapi usia nya kepala 4 itu gak kalah nyenenginnya sih dengan yang satu groupnya kebanyakan millennial. Enaknya kalau pergi-pergi gak ribet dan lebih banyak diurusin hahahaha *salim Pak Hira Pak Tiven

Eniwei, lama banget gak nulis, yha mon maab yekan kehidupan berputar di kerjaan yang emang lagi asyik banget loadnya (dibaca lagi banyak) tapi blessing in disguise,  ide-ide buat relieve stress juga ya makin beragam. Kayak baru-baru ini diputuskan buat road trip ke Jawa Tengah, ngejajal sebenernya apakah bisa road trip satu team hahahah Keputusan buat road trip juga gak mudah, kenapa? karena kita trip nya ya ramean, unitnya juga ada beberapa kan, total yang ikutan kisaran 16 orang. Dan road trip itu kan capek ya, satu mobil ya harus kompakan, mau makan di mana, berhenti di mana, makan apa, intinya kepala banyak itu gak mudah. Untungnya akhirnya kita bersepakat untuk road trip, bayar sendiri-sendiri tentu saja dengan ada sumbangan dari yang lebih senior hahahaha (MAKASIH BANGET DEH AH!). 21 orang, 4 mobil, ngide nginep di airbnb, dan nabung buat nyicil bayarnya.

Itinerary apa kabar ? HAHAHA ya dibuat tidak ambisius karena emang ini jalannya santai banget, yang penting bareng-bareng, kuliner, foto bareng, ketawa bareng, gesrek bareng lah. Itinerary sebagus apapun ya kalau orang-orang nya gak asyik, trip nya juga jadi gak enak. NDELALAH INI SEMUANYA ASYIK HAHAHAH Makasih lho ah! Gue dah deg-deg’an ini ngebawa Boss-boss sama teman-teman beda-beda jenis traveler nya huahaha.

Member road trip jadi nambah karena crossed unit dan buat gue sih even better because the more the merrier kan yes. 4 Mobil, 21 orang! Pembagiannya satu mobil harus mixed member, gak boleh satu unit semua. Uang bensin dan e-toll sudah dibagi dari awal ke masing-masing yang bawa mobil, jadi berangkat sudah beres. Share live location di Whatsapp group dan HT adalah penyelamat karena tentu saja pemirsa, kalau di toll adalah ajang ngebut karena jalanan sepi hahaha Jadi daripada ada mobil yang sengaja nyasar kan yha hahah sebaiknya emang harus berbagi lokasi huehehehe

Berangkat dari Kantor di Rasuna Said menuju ke Yogya, estimasi tiba di Yogya jam 1 pagi dengan 2-3 kali pemberhentian. Pemberhentian pertama di Empal Gentong Haji APUD buat Sholat dan Makan malam. Jujur ini gak ada di itinerary karena jalanan Bekasi macet banget cing, yang tadinya niat berhenti di Rest Area mendadak terlalu cepat jadinya kita ke Empal Gentong aja dan emang udah paling bener makan malam sholat di sini. Harga nya masuk akal dan enak! Gilsss kenyang!

Processed with VSCO with c1 preset

Berhenti di Empal Gentong kisaran 40 menit, lalu lanjut lagi bablas ke Yogya dengan pemberhentian terakhir di Rest Area KM429 Semarang – Solo pukul 22:00. Di sini istirahat lempengin badan sama istirahat kaki dan ke toilet. Niatnya gitu, berakhir dengan beli Kopi, Teh, Bajigur dan seporsi Mendoan panas yang kek tempe goreng dikasih tepung HAHAHAH …

Processed with VSCO with a4 preset

Lanjut perjalanan sung ke Yogya dan ternyata sampe Yogya jam 12:00 HAHAHAH CEPET CING!! Gue nginep di airbnb Gowinda House, karena untuk road trip ini lebih enak di satu rumah, biar gampang koordinasinya pun lebih murah. Tentu saja gue mengandalkan airbnb, dan karena gue gak pake kartu kredit jadi gue personal ke owner nya untuk booking. Gue nginep di Gowinda House 3, yang bisa muat 21 orang dengan tambahan extra bed biar lebih nyaman buat teman-teman. Harganya mufakat banget, Rp 950ribu, 5 kamar, semua kamar mandi dalam dan pakai AC. Lo dimana dapet yang murah dan pake AC di Yogya terus bisa buat banyak orang kan yes! Untungnya owner nya Ibu Henriyani baik banget yas, udahlah gue nyampe malem, kunci dititipin, terus tempatnya juga sesuai dengan yang diharapkan, terus pas pesan dipakein extra bed juga ya gak repot. Yang penting teman-teman kantor bisa tidur enak pake AC, soalnya yha mon maab kan udah pasti capek ya di jalan Hahhaha

IMG_3550

Gue tidur jam 3 pagi, bangun-bangun jam 6-an lewat. Aselik mata masih berat dan bengep banget. Untungnya teman sekamar ready printilan perempuan macam hair dryer hahaha (Makasih ah Mbak Yuke!)

Untuk Sarapan pagi, gue gak pesen catering tapi emang pengen ngajak teman-teman ke Malioboro – Pasar Bringharjo buat sarapan di sini. Eniwei gengs, sarapan di Pecel depan Pasar Bringharjo, yang bikin mahal adalah sate tusuknya, tapi ya kan harganya juga udah di taruh di spanduk di atas nya makanan jadi ya tinggal dihitung aja si. Gak ada yang di-getok mahal kok semua sesuai yang dimakan dan harganya. Jadi kalo lo ngerasa kemahalan, ya lihat aja makannya apa, misalnya sate udang yang dihargai 15ribu, ya artinya udah tahu lebih dari itu lah makannya hahah Gue sendiri cuma makan Nasi Pecel Sayur dan 1 bakwan, itu harganya 13ribu. Kalau di daerah lain gue yakin lebih murah, karena ini tempat wisata aja sih. Tapi overall, gue sih suka ya, enak!

Selesai sarapan, acaranya semi bebas, kayak dikasih waktu 40 menitan buat jalan-jalan atau beli oleh-oleh, tapi berhubung ini satu team gak banyak yang belanja ya jadinya kebanyakan acaranya sih foto-foto hahaha yha mumpung jalan sama Iwan yang emang Kang Foto Paling keren se-Jakarta Selatan kan ya huahah

YLCL7132

VQLF3857

UKYT4110

TUAY4416

PXSJ8668

MEWY6760

JGKD0609

IZLS2321

IEGO7918

BBHJ7812

Lanjut dari sarapan di Bringharjo, gue misah sama Boss gue yang lumayan ganteng (kalo dibilang ganteng banget nanti dikira gue pereus kan yak), karena mobilnya bermasalah hahahah auk ah Mas ada aja ah! Kita misah ke Pinus Pengger yang ternyata perjalanan cukup berliku kek hidup yha #tsaahhh .. 1 Jam aja perjalanan dari Bringharjo, tapi emang Pinus Pengger cakeb yes! Maksudnya ya emang Pinus sih tapi seneng deh dibuat akarnya ngebentuk yang cakep-cakep gituh.

FNAB8750Dari Pinus Pengger, makan siang Mie ayam dulu di sekitaran Pinus Pengger karena bukan gimana-gimana Sob, Pinus Pengger kan panas ya, bikin capek, capek bikin laper hahahah … Mana udaranya tuh panas-panas hutan banyak angin gitu lho. PAHAM KAN YA GIMANA LAPERNYA CUACA BEGITU HAHAHAH

Dari Pinus Pengger niatan ke Ullen Sentalu batal karena hari Jumat Ullen Sentalu tutup jam 15:00. Lanjut aja ke Warung Kopi Klotok yang ternyata sama aja jauhnya hahah tapi masih di sekitaran Kaliurang atas dikit sih cuma ya ribet aja dari Pinus Pengger hahah karena jalannya cukup ribet jadi antara nyasar sama ngikuti Waze gak nyampe-nyampe hahaha .. Short stories, nyampe Warung Kopi Klotok setelah sebelumnya sudah makan mie ayam dong ya, begitu nyampe pada bilangnya sih “Gak mau makan lagi ah masih kenyang beli pisang goreng sama Kopi aja” Ok baik. Kelar orderin, gue ke Toilet dong (yang mana toiletnya pake lepas kaos kaki sama sepatu dulu, bagus sih tapi lama aja hahah kan hamba pake kaos kaki repot dong yes). Balik-balik ke meja makan di warung Kopi Klotok .. eh lho .. “KOK LO PADA PESEN NASI SAMA TELOR DADAR KAN TADI JANJIANNYA GAK GITU” – “LAPER TER!! ITU ORANG-ORANG MAKAN PADA ENAK BENER” – HAHAHA Auk ah! Ya kan gue jadi ikutan ngambil Nasi Lodeh komplit sama telor dadar yang enak banget yhas hahahahh

Kalau makan di Warung Kopi Klotok, tolong dicatat ya, karena Mas-masnya yang ngambil order gak nyatet buat di kasir, jadi pas di kasir gue kan mikir banget yha temen-temen gue makan apa aja, YHE KAN KITA PIKIR DICATETIN MAS’EEE =)))

Pulang dari Warung Kopi Klotok, lanjut Sholat di Masjid Kauman di deket Alun-Alun Keraton, lalu ke Malioboro buat jalan malam. Yang lainnya jalan malam, gue tentu saja jalan sama Bapak-bapak sambil mikir habis dari Jalan malam ke mana dan besok kita jalan jam berapa terus kemana aja. Gak jauh-jauh emang pertemanan gue sama Bapak-bapak nih hahaha

Processed with VSCO with c1 preset

h c1 preset

Processed with VSCO with a4 preset

Balik dari Malioboro, niat hati ke Pendopo Lawas di sekitaran alun-alun buat cari penyanyi yang suaranya enak banget inceran Pak Hira, ndelalah kok ya gak ada, gue kan jadi enak ya malah makan lagi lesehan di alun-alun Hahahah (Mon maab gak ada foto karena yha udah malem dan aselik Gusti ngantuk banget gue jam 10 malam udah nguap muluk sih ah)

Nyampe airbnb, beberes dikit biar besoknya udah gampang tinggal angkut, masih harus atur mobil lagi biar besok pulang nya teman-teman bisa langsung diatur ikut ke mobil siapa aja yang se-arah. Man, I kid you not arranging trip for 18 people is quite a challenge hahahah =))

Paginya gue bagi tugas sama teman-teman yang di rumah. Catetin yang mau oleh-oleh Bakpiaku, Bakpia premium yang rasanya gue suka banget! Terus booking Gudeg Yu Djum buat sarapan bareng, yang mana buat sarapan bareng bingung gue nya hahah Karena Yu Djum Pusatnya sama yang tambahan gedung itu bedanya cuma beberapa meter aja dan gue salah lihat hahahah YHA UDAH DEH gak dapet yang otentik lokasinya hahahah

SDUT8958[1]

Kalau Gudeh sih cocok-cocokan ya kek hubungan tuh (lailah Ter), ada yang suka gudeg basah atau gudeg kering tapi kalo ke Yogya mah wajib ya buat makan gudeg. Yha masa makan nasi padang .. (lirik Uda). Eniwei harganya juga gak gitu mahal, udah sama ayam dan telor juga, mufakat dan karena cocok ya gue sih enak-enak ajah! Selama gak lebih budget sekali makan lah HAHAHAHA ..

Processed with VSCO with a4 preset

Sarapan udah, Beli oleh-oleh juga udah, gue misah sama beberapa Teman yang emang pengen balik duluan atau misah ketemuan sama keluarga, untuk lanjut ke SEMARANG terus pulang deh! Ke Semarang juga cepet banget sih, gak sampe 2 jam juga udah di kota. Ke Semarang untuk makan siang di Soto Bangkong dan Beli oleh-oleh di Bandeng Juwana Erlina di Pangandaran. Kalo gue sih cari Lumpia Mbak Lien yang sekarang harganya udah 16ribu aja per Lumpia (OH BAIK). Dan tentu saja tak lain tak bukan kalo pergi sama Temen gue Amel pasti lah ya ada aja yang bikin ngelus dada “Mbak, aku titip Lumpia dong, lumpia kok udah di goreng, taruh di mobil mu dong, soalnya kalo di mobil ku bau lumpia nanti”“LUMPIA ELU KENAPA DITITIPIN DI GUE SIH AH” Yha mon maab gak mau emosi tapi kok memancing kesabaran hahahah

Processed with VSCO with a4 preset

Dari Semarang ke Jakarta, mampir di Rest Area KM 260 di deket Pemalang kalo gak salah yes, untuk lihat rest area yang bekas Pabrik Gula yang kalau teman-teman gue mudik lebaran banyak banget yang mampir sini hahaha YHA ABISAN CAKEB HAHAHAH etapi seriusan, di sini view buat fotonya mengingatkan gue akan India Hahahah ..

Processed with VSCO with a4 preset

Processed with VSCO with a4 preset

Processed with VSCO with a4 presetProcessed with VSCO with a4 preset

Selain ada tempat foto yang bikin orang lama banget fotonya HAHAHA, kuliner di dalamnya ya silakan aja, standar emang tapi gue nyobaik Kopi Koplak yang untungnya mas-mas barista nya semacam sabar dan pengertian hahah Lumayan kok kopinya, 20ribuan gitu sambil numpang istirahat hihihihi ^^

Processed with VSCO with a4 preset

Jadi gitu aja ? Gak gitu aja. Perjalanan selama 2.5 hari dengan teman-teman kantor, mixed unit di mobil sepanjang jalan, mixed juga di kamar, bonding nya tetep dapet, becanda nya juga jalan terus, gue kasih tahu ya itu yang namanya HT pas road trip ngebantu banget aselik. Ilang dikit tinggal di-roger aja (DI-ROGER). Dan yang gue seneng teman-teman sepanjang perjalanan sangat amat pengertian. Gak dapet semua itinerary nya juga gak papa, bahkan di-ganti sama yang lain dadakan juga ya gak papa. Yha daripada gak diajak pulang semobil kan yha haahha

Untuk memperlancar Road Trip satu team ini gue share beberapa tips ya :

1) Bikin estimasi biaya sepanjang perjalanan, termasuk berapa kali makan dan berapa budget per sekali makan, Bensin Pulang Pergi, e-Toll, Camilan. Compare biaya naik kereta dan naik mobil, tapi kalo lo emang kekeuh naik mobil gimana caranya bikin naik mobil lebih murah dan lebih menarik huehehe

2) Nabung! Kalo dirasa harga patungan nya terlalu mahal, ajak teman-teman lo buat nabung 2 bulan sebelum berangkat, tagih aja pas gajian.

3) Booking di awal untuk penginapan atau airbnb, pilih yang nyaman karena setelah perjalanan panjang temen-temen lo butuh istirahat yang nyaman dan enak. Gue kemarin dapet Rumah yang kamar mandi dengan air panasnya ada 3 dari 5, lumayan banget.

4) Road trip ini agak tricky, lo mesti mengcombine mixed nya teman-teman supaya gak satu mobil dengan team yang itu-itu aja tapi di sisi lain juga harus mikirin siapa yang mungkin terlalu dominan di satu mobil hahaha. But if you know what is the best, then do it wisely. Choose who will be with who in one car wisely hahaha

5) Cari tempat makan yang udah disesuaikan dengan budget sekali makan. Maksimal sekali makan per orang gue di trip ini adalah Rp 50ribu, karena gue mau teman-teman makannya enak dan nyaman. Di Yogya harga segitu sih udah cakep banget yes kan.

6) Jangan terlalu ketat sama waktu. Karena pas road trip lo gak bisa tahu akan ada apa nanti ya kan, misalnya macet, bensin habis.

7) Siapin Minuman kesukaan di mobil. Jangan sampai dehidrasi.

8) Pilihlah co-driver yang tepat dan jangan segan buat nanya ke teman yang nyetir mereka butuh digantiin apa enggak. Tanyain juga mereka butuh camilan apa atau permen. Ini nih ya permen tuh lumayan banget bikin mereka gak ngantuk lho. Soalnya kan ada aktifitas ngunyah yes.

9) Pilih lagu yang enak dan tepat buat driver hahahah ini penting banget karena kita ngejaga mood driver nya yes kannn. Jadi emang kudu banget bikin mood nya super enak!

10) Jadilah teman perjalanan yang menyenangkan. Balik lagi ke paragraf di atas dan di awal, saat lo pergi barengan, lebih dari 1 kepala itu challenging banget. Ini bukan tentang trip elo seorang tapi tentang trip rame-rame. Jadi usahakan jaga situasi kondisi supaya sepanjang perjalanan sama-sama semua hubungan tetap terjaga baik. Ya ngalah sekali dua kali gak masalah lah, Yogya kan gak kemana-mana, bulan depan bisa balik lagi hahahah

Segitu aja sih dari gue. Gih bikin Road trip sama teman-teman kantor lo deh pasti bakalan seseru gue sama teman kantor gue. Jadi bikin rencana dari sekarang deh, yang kayak gini bakalan jadi cerita seru. Percaya sama gue ๐Ÿ™‚

Cheers, Tere

7 comments

  1. aku ngikutin IG story-mu mbaaa, seru banget ya road trip rame-rame gitu

    1. Sebel
      Gak
      Baru direply 3 hari kemudian Hahahaha :)) Ketemuan dong!!!

      1. mauuuu kantor mega kuningan juga kan yaaa?

  2. Bikin kangen deh ๐Ÿ˜๐Ÿค—

    1. Akkkkk Iyhaaaaaa … selalu pengen ke Yogya hahaha

  3. Asik banget memang pergi bareng temen temen kayak gini mbak..seru banget kayaknya..

  4. Love it๐Ÿ˜

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: