Ini adalah KOTAK dan ini adalah satu dari banyak cerita nya …

Selamat Jumat!

Nah enaknya kalau Jumat bagi-bagi info yang bermanfaat. Mumpung hari ini ngambil cuti jadi gue meluapkan kerinduan akan nulis hahahaha *hush!*

Kali ini gue mau share tentang KOTAK. Mungkin ada yang penasaran, kenapa namanya Kotak ? Apakah ini adalah salah satu group musik terkenal dengan vokalis wanita nya yang baru saja melahirkan ?

KOTAK adalah Komunitas Tangan Kanan Indonesia. Kenapa tangan kanan ? karena biasanya tangan kanan identik dengan memberi sesuatu, biasanya tangan kanan identik dengan sesuatu yang baik, misalnya berjabat tangan, mengambil sesuatu, menunjukkan arah atau tempat pun dengan tangan kanan. Kanan artinya baik, begitu ya.

KOTAK hadir bukan karena iseng-iseng, bukan karena ingin terkenal. Kotak hadir dengan tujuan sederhana, menjaga tali silaturahmi pun sambil berbuat lebih baik untuk orang lain. Caranya bagaimana ? Bermacam-macam caranya. Sebelum itu, mungkin ada yang mau tahu siapa aja yang ada di Kotak ini. Yang gue tahu, beberapa dari mereka adalah lulusan penerima beasiswa XL Future Leaders yang sudah bekerja di berbagai macam perusahaan ternama di Indonesia, salah satunya ya kantor gue, di PT XL Axiata (siapa tahu pembaca gue ada yang baru kan ya jadi enggak tahu gue kerja dimana).

Gue pribadi ngerasa beruntung banget jujur aja ya, karena teman-teman XL FL ini hatinya tulus-tulus, yang kegiatannya lebih banyak manfaatnya daripada mudharat nya (sok tahu banget ini Tere mudharat artinya apah hahaha). Dan semua kegiatannya itu karena inisiatif nya mereka, bukan karena misalnya XL minta mereka untuk kelihatan baik gituh #HalahBanget , enggak sih hahahha .. Gue rasa emang XL FL dan KSE ini beruntung banget bisa ketemu sama teman-teman yang dasarnya emang udah beres gini hihihihi *sayang satu-satu*

Nah semakin besar KOTAK, gak cuma teman-teman XL FL yang ada didalamnya, tapi mereka juga mengajak dan Puji Tuhan nya banyak sekali yang mau join dari latar belakang kerjaan yang beda, kampus yang beda. Semangat nya cuma satu, mau berbagi dengan mereka yang membutuhkan sambil silaturahmi juga jalan.

Event KOTAK pertama kali itu 18 April 2015, #KotakBagiBagi , berbagi sembako bersama Corps Orange alias laskar pembersih jalanan ibukota. Menarik ? Menarik banget. Targetnya mereka tahu siapa, bukan sembarang orang yang ketemu di jalan aja. Corps Orang ini bukan tukang sampah, mereka adalah pahlawan Kebersihan! Kebayang gak sih Jakarta ini kalau gak ada mereka, siapa coba yang mau bersihin sampah di jalanan pagi-siang-sore ….

Gak hanya berhenti di event pertama, yang namanya niat dan hal baik itu nagih kak! Beberapa kali mereka ngajakin gue untuk join di event-event selanjutnya, ngajakin juga santai banget, enggak yang nagih-nagih gimana gituh hahaha ..

Gue inget banget, event selanjutnya pas puasa 2015, KOTAK NGABUBURIT, jadi kita ngabisin waktu menjelang buka puasa sama adik-adik  yang diasuh di sebuah panti, jadi semacam panti tempat bermain tapi ada panti asuhannya juga, semacam yayasan gituh. Puluhan adik-adik dari berbagai macam usia kita ajak main-main tapi ini mainnya sungguh bersifat menambah pengetahuan. Ya namapun anak XL FL kan ya pinter-pinter ya kak, jadinya waktu itu permainannya tentang udara dan api =))) ATUH LAH MEREKA MAH JAGO AMAT! …

Dana nya darimana ? Dari teman-teman di KOTAK sendiri, dari temannya teman Kotak, berputar terus saja info nya secara viral dan semakin banyak yang tahu semakin banyak bantuan yang diterima. ALHAMDULILLAH YA …

Nah kali ini, KOTAK mau buat event yang lebih panjang dan lebih sustain (ini bahasanya ribet ya kak kamu), namanya adalah KOTAK-preneur.  Dari namanya sudah ketahuan ya ini pasti ada hubungannya sama bisnis-bisnis’an. TEPAT KAK!!!

Kotak-preneur adalah program yang menggandeng (halah, bahasa!) 3 orang pengusaha kecil yang akan dibantu, dibimbing, dimonitor oleh teman-teman Kotak, agar usahanya lebih baik dari sebelumnya dalam periode waktu tertentu. Program ini tidak hanya bermanfaat banget untuk para pengusaha kecil tersebut tapi juga melatih bisnis dari teman-teman KOTAK sendiri. Para pengusaha kecil yang dipilih setelah melalui survey dan review adalah

  1. Kang Yadi, setelah mengalami musibah kebakaran yang menyebabkan rumah dan kios nya terbakar, pengusaha sandal plastik di pasar senen ini membutuhkan modal untuk memulai lagi dagangannya.
  2. Ibu Dewi, menyambung hidupnya dari berjualan keripik pisang dan laundry kecil-kecil’an. Lokasi nya di Kukusan Depok. Bu Dewi cukup dikenal oleh mahasiswa di Kukusan Depok, tapi usaha laundry nya sulit bersaing dengan maraknya laundry di sekitaran kost-an Kukusan Depok.
  3. Ibu Eka, sebagai seorang single fighter, beliau memiliki tugas mulia yaitu mendidik 20 anak asuhnya yang rata-rata masih SD dan SMP, dan yatim piatu. Sehari-hari nya beliau berjualan berbagai macam kerajinan dan kue buatannya sendiri, itupun hanya berdasarkan pesanan, karena beliau tidak ada modal yang cukup untuk memulai berjualan.

Semangat ke-tiga orang Bapak dan Ibu untuk memperjuangkan hidupnya dengan usaha kecil-kecilannya menurut gue pantas kita bantu dan kita kembangkan (Ini mulai ambisius tapi gue yakin sih bisa.). Teman-teman kotak tidak hanya membantu dari modal awalnya, yaitu masing-masing Rp 1 juta, tapi mereka mendampingi bisnis Bapak Ibu ini dengan setiap minggu nya meminta update dan progress perkembangan bisnis, dan membantu apa saja yang dibutuhkan.

Walaupun teman-teman Kotak bukanlah ahli bisnis tapi semangat mereka untuk belajar dan membagi nya dengan Kang Yadi, Bu Dewi dan Bu Eka juga secara gak langsung membuat mereka belajar siapa tahu kedepannya mereka punya usaha sendiri juga, AMIN!

Nah, disini gue mengajak teman-teman yang membaca ini untuk gabung dengan komunitas KOTAK bisa dari ngebantuin dana, bantuin kasih masukan tentang bisnis, ide untuk memajukan usaha Kang Yadi, Bu Dewi dan Bu Eka, supaya mereka bisa segera mandiri.

Untuk PIC KOTAK, kalian bisa hubungi Lubby di 081910110730, Ilham di 085920711328. Kalian bisa tanya ke mereka berdua tentang event ini, dijamin ramah!

Donasi untuk Kang Yadi, Bu Dewi dan Bu Eka bisa kalian salurkan ke : Rekening Mandiri (132-000-744-101) an MUTYA DITIAHARMAN, Rekening BNI – 0360750600 atau BCA ke 5015-749-749 an Zainiyah Hilda.

Gue sendiri yang jamin mereka adalah komunitas yang InsyaALLAH akan meneruskan donasi kalian dan menjalankan amanah ke Kang Yadi, Bu Dewi dan Bu Eka.

Kedepannya gue, insyaAllah, akan update terus kegiatan KOTAK-preneur ya. Niat baik niscaya jalannya akan dipermudah. Setuju kan sama gue ?🙂

2bc2b2fb051a4edd69e289d29ec83fe3

 

Cheers, Tere.

One comment

  1. halo mba teree, aku mau tanya2 tt endo nya mba tere, makasii mbaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: