Better try than never … #XLFutureLeaders

Capture

Memasuki tahun ke-5 bersama XL Future Leaders menjadikan gue mengenal lebih banyak pribadi orang lain, beragam sih dari mulai yang teman kerja, atasan, mereka yang terpilih sebagai XL Future Leaders (untuk selanjutnya gue sebut sebagai #XLFL ya) dan mereka yang gue interview untuk masuk menjadi bagian dari keluarga besar XL Future Leaders.

Setiap tahunnya gue selalu belajar banyak hal, entah ya itu dari persiapannya, program-program developmentnya, cara gue berkomunikasi dengan semua lini orang yang terlibat, atau bagaimana gue mempersiapkan diri acap kali gue diminta untuk present di depan teman-teman mahasiswa (gue menolak bilang adik-adik karena .. Dude! kita cuma beda BEBERAPA TAHUN aja lho) hahahah ..

Buat yang baru pertama kali masuk ke blog ini karena hastag #XLFL , you’ve been warned kalau ini bukan blog resmi XL Axiata, tapi ini adalah blog pribadi dari seorang yang alhamdulillah Puji Tuhannya berkantor di XL Axiata🙂 So Hi, welcome to my blog! Please do stalk and walk this blog! *HA! =))

#XLFL adalah sebuah program CSR dari kantor gue dengan tujuan memajukan pendidikan di Indonesia, yang mana gue pribadi waktu pertama kali terlibat juga yang bilang “Untung pendidikan, that’s so  awesome!” . Bahkan Dian Sastro aja ya (kenapa Dian Sastro sik Ter?) bilang bahwa “Menurut gue salah satu cara cara yang paling tepat saat ini untuk memerangi kemiskinan adalah dengan pendidikan … ” #JayalahSelaluDianSastro =)))

Secara besarannya, tahun ini #XLFL 2016 memiliki 5 program yaitu 1) Global Leaders, 2) Scholarship Camp, 3) e-Learn, 4) Digital Leaders dan 5) High School. Yang paling baru adalah Digital leaders dan High School, you gengs can visit XL FL official web di http://www.xlfutureleaders.com untuk detailnya ya.

Gue akan share tentang Global Leaders dan Scholarship Camp karena kebetulan dikasih kepercayaan untuk terlibat di dua program itu🙂

XL FL GLobal Leaders : Ditujukan untuk mereka yang ada di tingkat 2 – tingkat 3 atau mulai semester 3 sampai semester 6, IPK min 2.80, dan aktif berorganisasi. Global leaders berlangsung selama 2 tahun dan selama 2 tahun itu diberikan pelatihan atau workshop dengan materi tentang leadership, entrepreneurship, dan managing changing. Mereka yang diterima di Global Leaders akan difasilitasi dengan notebook dan hp serta pulsa setiap bulannya. Kenapa butuh banget gadget ? Karena selama 2 tahun mereka akan menerima pelatihan online dan offline dari top fasilitator XLFL.

XL FL Scholarship Camp : Bekerja sama dengan Yayasan Karya Salemba Empat yang telah memiliki paguyuban di hampir universitas Negeri di Indonesia, XL tentu saja sangat senang sekali bisa berkolaborasi dengan teman-teman KSE. Melalui brainstorming, beberapa kali meeting untuk merumuskan scholarship yang tepat untuk siapa dan dengan cara yang bagaimana, berbuah kepada keputusan … Bila Global Leaders ditujukan untuk mereka yang ada di tingkat 2 dan tingkat 3 maka .. Jrengggg! Scholarship Camp adalah untuk mereka yang ada di tingkat akhir, dengan IPK min 3.0 dan tentu saja aktif berorganisasi. Yesss, karena di tingkat terakhir adalah masa dimana elo bener-bener harus serius sama persiapan untuk masuk ke dunia yang bener-bener beda dari yang sudah diajarkan bertahun-tahun di sekolah. Program ini adalah program yang tepat banget untuk menyiapkan kalian masuk ke dunia kerja dengan networking dari seluruh penjuru Indonesia, berbagai macam karakter, dikumpulkan dalam satu wadah dengan program development yang bikin teman-teman makin siap untuk masuk ke dunia kerja🙂 Ya namanya pun scholarship, fasilitas yang diberikan pasti nya cash disbursement sebesar Rp 7.2 juta untuk 12 bulan yang akan diberikan per bulan sebesar Rp 600ribu.

Scholarship Camp bukan hanya program #XLFL berbasis cash tapi di program ini ada 3 Camp penting yang bertemakan 1) Nasionalisme, 2) Innovation & contribution to society dan 3) Working Readiness – kesiapan kerja nih, yang akan diberikan selama 1 tahun dengan pertemuan 2 sampai 3 kali🙂 Meet up nya cukup segitu aja ya kalau keseringan kasihan sik secara udah tahun terakhir juga kan yaaaa *iya .. *

Tahun demi tahun, kampus demi kampus dan setiap kali gue datang untuk interview (dan yang paling baru ini untuk roadshow! yeay roadshow, i know right, sounds cool like an artist hahahah #TereGilak)  gue selalu menemukan kesenangan (bukan kenyamanan karena kenyamanan itu hanya bisa diberikan oleh Rizky Febian nya Sule. #HalahBangetTer) bertemu dengan fresh blood seperti teman-teman dari XLFL dan mereka yang berminat sekali untuk gabung di XLFL. Gue suka banget sama gimana mereka sharing tentang gimana XLFL mengubah hidup mereka, bagaimana mereka yang dulu bukan tipikal yang outspoken menjadi pribadi yang pendapatnya selalu didengar. They’ve been transformed into someone yang mereka gak tahu kalau mereka punya potensi itu.

Gue beberapa kali ketemu dengan mereka yang pernah gue interview “Aku gak nyangka banget lho Mbak kalo aku bakalan diterima di XLFL, aku seneng banget waktu tahu kalau aku diterima di XL FL .. Aselik Mbak .. ”

Percayalah, untuk kalian yang gue terima dari setiap sesi interview dan FGD, bukan cuma gue aja kok yang milih. Kami semua, team XL FL, memilih kalian karena kalian punya sesuatu yang kami percaya akan membawa perubahan untuk banyak orang dan program ini adalah program yang tepat buat kalian.

Gue juga pernah dengar kalimat ini “Iya mbak aku coba iseng-iseng siapa tahu keterima di XLFL.”. Gue selalu percaya sama yang namanya 99% usaha dan 1% adalah luck. 99% usaha itu adalah upaya kita, seberapa ingin kita mau sesuatu yang kita inginkan itu terwujud, dan kita bakalan ngelakuin berbagai macam upaya kan ? dan 1% itu keberuntungan. InsyaAllah nih, Tuhan dan semesta alam mendukung (alias MESTAKUNG) kalau niat lo yang 99% itu udah bener, yang 1% nya kejadian. Ada Amin ? *lalu semua berteriak AMINNNN*

Better try than never. Better try than regret.

Menurut gue nih, mendingan gue nyoba dan kalau gue gagal ya gue udah tahu apa yang gue jalanin, apa yang gue hadapin. Daripada gue end up dengan ‘ah seandainya gue waktu itu nyoba” , “Ah tahu gitu gue nyoba, temen gue aja bisa masuk kok … ”

Ini saran gue buat kalian yang mau masuk ke XLFL (gue sebutnya saran ya, karena kalau tips trick itu kesannya udah pasti banget masuk hahahah) :

  1. Pada saat  memasukkan data diri kamu ke web http://www.xlfutureleaders.com pastikan yang kamu masukkan itu jujur dan kamu banget (artinya jadi diri sendiri), dan jangan lupa, disini kalian bersaing dengan ribuan pelamar lainnya, jadi kamu harus bisa ‘menjual diri kamu’ sebaik mungkin, semenarik mungkin.
  2. Aktif di organisasi – Nah ini penting. Kenapa harus berorganisasi ? Dalam kegiatan organisasi kampus, kamu akan belajar banyak hal, teamwork, karakter orang yang beda-beda, tanggung jawab dan banyak lainnya. Pastikan dalam setiap kegiatan organisasi yang kamu ikuti, tingkatkan posisi kamu dari yang awalnya hanya staf operasional menjadi bagian dari pucuk pimpinan sebuah organisasi. Beranilah untuk mencalonkan diri menjadi orang yang sanggup menerima tanggung jawab. Karena buat kami, itu penting😉
  3. Pastikan punya alamat email yang bukan alay. Hahahaha ini antara kayaknya gak penting tapi penting lho. Jangan pernah kepikiran untuk bikin alamat email yang : 4kuPu3@yahooooo.com misalnya. Jadilah seorang yang kelihatan profesional🙂 paling enggak dimulai dari alamat email hahahah
  4. Ceritakan dengan menarik kenapa kami harus memilih kamu untuk mendapatkan program XLFL. Ingat, jadi diri sendiri dan gunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang proper. Bahasa Indonesia juga gak perlu yang baku banget tapi baik menurut gue sudah cukup sih🙂
  5. Interview : Please kalau sampai kalian sampai di tahap ini, jangan lupa berdoa (penting), minta restu orang tua (penting kedua), berpakaian rapi dan sopan. Kalau mau pakai jeans gak papa juga selama rapih dan kece. Wangi juga penting tapi jangan wangi banget hahah  … Latihan interview sama teman kamu, cari buddy yang bisa dijadikan teman latihan buat kamu ngobrol sama dia. Jangan gugup, usahakan tenang. Inget ya, practice makes perfect😉
  6. Ingatlah dengan benar : Pastikan kalian ingat goals apa yang sudah tercapai dalam 1 atau 2 tahun terakhir. Pencapaian yang bener-bener bisa ‘ngejual’ kamu untuk layak diterima di program ini. Masih belum ada ? Then, mulai terlibat dalam kompetisi atau aktif dalam program sosial yang akan bikin kamu makin shine bright like a diamond kayak Rihanna ditengah ribuan pelamar lainnya.

Menarik ? Iya menarik banget. Percaya deh, kalau kamu bisa jadi yang lebih dari kamu yang sekarang, kenapa gak dimulai dengan masuk ke program XLFL😉

Cheers, Tere *yang usianya cuma beda beberapa tahun dikit sama kamu*

 

 

2 comments

  1. ishh kamu gak hubungi lagiiiiii kan. Yang pas hari rabu sore, kayaknya mba liat deh group XL pas lagi jemput Matt. cuman kita terburu2 karena mau ke dokter, jadi gak telp kamu

  2. Hahahahah maabinnn bangeettt aselik iya lupa sibuk gilaaakkk hahahha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: