Untung pakai design interior :)

Waktu gue beli unit apartemen ini masih kosongan instead beli yang udah keisi sama perabotan, karena Maskoko yang awalnya pengen banget punya rumah yang kami berdua banget. Dan setelah diskusi cantik sama Maskoko, gue pun setuju untuk men-design unit ini dengan design yang gak sama kayak apartemen lainnya.

Beruntungnya kami, karena ada teman maskoko (temen SMU kami berdua tepatnya, tapi Maskoko kan hits gituh lah bahahah temen-temennya cangcing kece banget lah) yang punya jasa design interior dan udah gak asing lagi design apartemen. Namanya Pury dan Mayang, blog mereka casalunanta.blogspot.com . Gue awalnya gak gitu ngerti urusan design, gue juga bukan anak design. Maskoko jauh lebih ngerti design daripada gue, tapi yang jadi pikiran gue pertama “Ini kena berapa ya nanti renovasi dan segala macem apalagi pake design interior ? duh pasti mahal banget ya .. ” Wajar banget kalo orang-orang awam macam gue nih yang buta design dan biaya jasa design interior punya pemikirian tentang berapa budget yang harus dialokasikan untuk design dan renovasi nya sendiri.

Awal-awal iya sempet takut tapi Puji Tuhan banget kesininya gue malah yang tenang banget karena mereka yang kerja di design interior itu bener ya ngerjain segala sesuatu nya pake nilai estetika dan detail. Gue nya kan jadi tenang ya, dan yang gue misalnya tadinya nih takut-takut tanya tentang harga material, misalnya yang murah sama yang mahal, jadi udah gak ada rasa malu nya bahahha karena mereka memang design segala sesuatu nya per kebutuhan kami, kami butuhnya apa aja, dan mereka ngitung material nya, apa yang dibutuhin, baru nanti kontraktor yang ngerjain. Gue sama Maskoko aselik tinggal terima beres.

“Jasa design interior mahal gak sih ?” balik lagi ke mindset awal, kayak gue tadi ya. Gue juga kan mikirnya gitu, tapi gue jalanin untuk pakai jasa design interior karena gue yakin rumah yang gue bikin ini harus nyaman ditempatin sama maskoko dan gue (dan calon baby nanti ya, amin!), dan gue udah lihat paketan jasa renovasi apartemen yang .. (duh maaf banget ya) .. Default banget! Hampir semua model nya sama semua …. aselik sama. Semua kitchen set nya sama, semua living room nya begitu …

Dengan harga yang gue bayar dan design serta hasilnya yang udah gue rasakan sekarang, gue bisa bilang .. “Untung banget gue sama maskoko dulu pakai jasa design interior” .. Design nya bagus, modelnya gak default kayak model apartemen kebanyakan dan pengerjaannya cepat. Gue aja baru tahu kalo bikin kitchen set itu kabinet atas tinggi nya punya standar sendiri, supaya kalo kita ngambil sesuatu yang tinggi itu gampang. Jadi tahu kalo cat dinding itu harus cari yang sesuai warna dengan cahaya yang dihasilkan di ruangan, kayak misalnya nih unit gue kan gak banyak cahaya, cat nya harus yang terang. Instalasi listrik juga penting, lighting yang bagus akan bikin suasana rumah lebih nyaman🙂

Jasa design interior gue gak cuma yang sekedar ‘tukang gambar’🙂 proses nya gak semudah itu, tapi lebih ke kayak gini : 1) Kami berdua bikin design konsep, misalnya maskoko sama gue pengen bikin konsep yang kayak gimana : Kamar mana yang diparket, apakah semua kamar atau tidak. 2) Dari design yang kami pengenin, dikembangkan sama design interior nya, nanti mereka kasih ke kita design nya akan jadi kayak apa, udah sama itungan per meter nya, komplit lah. 3) RAB – Rencana Anggaran Biaya. Nah ini penting, once kita udah ok dengan design nya, mereka akan buat detail biaya nya. RAB bisa berubah, bisa juga enggak. Tergantung ya, kalo udah ok ya tinggal jalan atau proses eksekusi. 4) Supervisi lapangan : Proses eksekusi ini dilakukan oleh mandor atau kontraktor yang udah bekerjasama dengan design interior gue. Mereka yang urus surat ijin nya, masukin barang/ proses loading, udah beres lah. Design interior palingan sebulan sekali inspeksi di akhir sekalian check apa yang kurang dan harus diperbaiki.

Puji Tuhan banget, proses itu semua gak makan waktu lama, dan kami bisa nempatin unit dengan segera. Kami berdua suka banget sama hasilnya, walaupun ini belum semua direnovasi ya, misalnya kamar kecil belum diparket atau ada kepengenan nambahin kaca dinding hahaha Tapi kali ini kami melihat sebuah proses renovasi rumah bukan lagi dari harganya, tapi keuntungan dan keindahan ruangan yang kami dapat. Yang paling penting sih, kami ngedapetin rasa nyaman untuk tinggal tahunan di sini🙂

Buat tanya-tanya tentang design rumah atau mau langsung kerja bareng mereka, silahkan hubungi Pury di 0811-977-0176 atau Mayang di 0817-606-5506 atau check ke blog mereka di : http://casalunanta.blogspot.com/

Cheers, Tere🙂

Awal banget baru beli, masih kosongan, kelihatan kecil banget emang ya :)

Awal banget baru beli, masih kosongan, kelihatan kecil banget emang ya🙂

Setelah Renovasi tapi belum ditempatin :) Malah kelihatan lebih besar hahahah ...

Setelah Renovasi tapi belum ditempatin🙂 Malah kelihatan lebih besar hahahah …

Kelar pindahan, mungil tapi homey banget buat kami :)

Kelar pindahan, mungil tapi homey banget buat kami🙂

13 comments

  1. rumahnya cakeeeeeep! Aku sukaaaaaaa….

    1. Akkkk makasihhhh .. Belum kayak rumah lo nih, rumah IKEA bahahahaha

  2. gak nyesel ya TEre mesti bayar, rumahnya kece

    1. Ya Puji Tuhan banget lah mbak pokoknya ahahahah

  3. Swastika Nohara · · Reply

    Selamat ya! Menurutku untuk apartement memang kebutuhan akan desainer interior itu nyaris mutlak, agar perabotnya bisa built in dan well fitted dg ruangan yang ada.

    1. Haeee Mbak, ihhh makasih banget support nya *halah banget ini gue*
      Ini meja makan aja mepet-pet tembok kamar hahahahha

  4. Jadi pengen married terus punya apartemen sendiri deh.🙂

    1. Hahhahhahaah ayolah disegerakan🙂

  5. bener banget mbak, aku nih yg pas pindahan ke kalcit pas udh hamil jdnya pasrah sm default apartemen yg ada. skrg nyoba bikin yg ga default tp u rumah. unit mbak kece bangettt… sukakk..

  6. Putri Anggun · · Reply

    Stylish design🙂
    Mau tanya dong, ini semua total biayanya berapa, termasuk jasa designer? dan berapa lama dari perencanaan sampai bisa ditempatin? Thank you in advance🙂

  7. wah desaign yang sangat mewah dan eksklusif

  8. […] mulai kasak kusuk untuk mewujudkan rencana jadi kenyataan. Saya ingat suatu saat pernah kesasar ke postingan sebuah blog yang merekomendasikan temannya dalam mendesain dan sekaligus membantu mereka dalam […]

Leave a Reply

