A story after laparascopy … :)

Pak dan Ibu Iwan yang kucinta (lama-lama kayak lagu)

Pak dan Ibu Iwan yang kucinta (lama-lama kayak lagu)

Anak kantor yang paling berisik =) *selain gue

Anak kantor yang paling berisik =) *selain gue

Dengan dua orang cewek sedeng yang gue sayang

Dengan dua orang cewek sedeng yang gue sayang

Baru banget sadar dari bius total berjam-jam dipoto sama bokap ...

Baru banget sadar dari bius total berjam-jam dipoto sama bokap …

 

Ehem .. ini adalah update setelah gue laparascopy hehehe ..

Agak panjang .. oh well .. panjaaang lah lumayan ini cing ..

Sebelum laparoscopy, gue bawa hasil check lab ke Dokter Wachyu, dan ternyata hasilnya semua bagus kecuali dan ini yang terpenting adalah .. HB gue cuma 6.6 padahal seharusnya HB wanita adalah diatas 12. Nah pas Dokter periksa juga dia bingung ini kenapa HB cuma 6 tapi masih bisa jalan dan haha-hihi … Jadi sebenarnya HB gue rendah disebabkan karena gue hampir tiap hari ada flek yang merupakan kista cokelat endometriosis. Sialan kamu kista!! hahahha ..

Untuk melakukan operasi HB harus memenuhi standar, yaitu 12, dan untuk menaikkan HB gue ada dua cara ya melalui makanan dan .. Transfusi darah. Untuk makanan gue diminta untuk makan sari pati ayam 7 botol dan makan daging merah. Gimana rasanya sari pati ayam ? Nah Dokter udah dari awal kasih tahu kalo minum tutup hidung dan langsung dihabiskan satu botol. UDAH KEBAYANG GAK LO RASANYA ? huahahah .. yaolooo itu kayak minum kaldu ayam. Enak ? Enggak sama sekali huahaha tapi ya apa daya pemirsa, demi inihhh demi HB naik.

Dan sepanjang beberapa hari menjelang operasi gue udah makan steak lah, seafood lah, ya pokoknya yang bisa bikin HB naik. Ternyata di kemudian hari gue tahu ternyata gak efek banget bahahah

Operasi dijadwalkan di hari Minggu 18 Agustus 2013.

Sejak tanggal 16 Agustus sampai 17 Agustus, gue harus minum obat pencahar masing-masing di jam yang sama yaitu jam 3 sore. Obat pencahar bernama Fleet Phospo – SODA, yang gue beli di apotik Kimia Farma Benhil karena di Century maupun Guardian gak ada. Obat pencahar ini bikin sakit perut dan feses gue sih keluarnya air ya, jadi kesannya kayak mencret.

Selain diminta minum obat pencahar juga sejak hari jumat sudah makan bubur dan tidak boleh makan ayam, sayur dan buah. Jadi memang dibuat supaya perutnya itu bersih.

Sabtu pagi, 17 Agustus 2013,  jam 7 pagi gue udah sampai di RSIA Menteng, kasih Buku laporan RS yang biasa gue pake konsultasi dan kasih kartu asuransi, tapi ternyata karena plafon asuransi untuk kamar gue gak ada di RSIA, kamar type 2, satu kamar 2 orang, lagi di renovasi, jadi gue pun dirujuk ke RSU Menteng, namun proses operasi tetap di RSIA Menteng. Jadi nanti pas operasi gue akan dinaikin .. AMBULANCE buat wara wiri nya. Howreeee … (lah)

Sabtu memang sudah dijadwalkan untuk transfusi darah, dan gue salah kalo gue pikir gue udah di pesankan darah dari PMI karena ternyata yang mengurus adalah .. kita sendiri .. DUAARRRR … ya manalah ya gue tahu. Gue masuk kamar jam 9-10’an, dan sekitaran jam 11-12 baru dikasih tahu kalo ternyata darah yang tersedia di PMI hanya ada 1 kantong, dan artinya gue harus cari bala bantuan untuk minta donor darah dari teman-teman di muka bumi inih yang mana gue tahu baek-baek semuaaahh .. (amin ? .. AMIN)

Darah gue A rhesus positif, dan gue perlu infokan, gak seperti sebelumnya, yang misalnya tadinya AB bisa sumbang ke semua golongan darah, sekarang harus bener-bener plek sama. Jadi gue posting di path, dari path banyak banget yang repath sampe twitter, sampe juga ke Blood for life .. ya Tuhan sungguh baik bangeeet ini semua teman-teman. Yang paling cepat gerak memang dari PATH, dari yang kenal sampe gak kenal, sampe yang terkenal ikutan repath .. duh … upah kalian semua di surga ya …

Donor darah akhirnya didapatkan, kakak gue, temen gereja maskoko, Koko Handoyo dan Darwin, semuanya bisa kasih sekita 1150 cc darah … PUJI TUHAN HALELUYAAAA bangeeetttt … dan masih sampai malam banyak yang sms dan telpon masih butuh darah atau enggak, bahkan ada yang sampai langsung datang ke PMI nya … terharu beneran gue sama orang-orang ini, padahal mereka banyak yang enggak kenal gue lho. Semoga kebaikan yang diberikan kepada gue, bisa gue terus lanjutkan ke yang membutuhkan ya …

Sabtu di RS sudah masuk kamar rawat inap, entah berapa kali darah gue diambil buat check, dan gue pasang infus juga. Udah lemes banget udah pasrah. Makan juga cuma bubur polos sama kecap doang, dan gue kan kecap gak boleh ya sama dokter, akhirnya gue minta bawain sama kakak gue … Fish Fillet nya KFC .. (Ya ampun itu gue tahu salah banget tapi gue sumpah lapaaarrr .. dan .. didukung temen gue Rahma bawa … Starbucks Choco Frap bahahah …. )

Sabtu tengah malam ke minggu, gue udah puasa total makan dan minum sampai selesai operasi. Malamnya sama maskoko berdoa semoga lancar jaya operasinya, dan Tuhan berikan Dokter ketenangan dalam menjalankan operasi nya.

Minggu, 18 Agustus 2013, Jam 5:30 suster datang dan beri tahu yang sebelumnya operasi dijadwalkan jam 8 pagi , dimajukan menjadi jam 7 pagi. Ya udah gak papa, the sooner the better menurut kami berdua ya … Sebelum operasi gue dikasih obat pencahar (lagih !!) Ya Tuhaaan gak kelar kelar ini obat pencahar yaaakkk …. Dan kali dimasukin dari (maaf ya) pantat pake suntikan bukan jarum bahahaha gak sakit tapi tokcer!! gue langsung beneran pengen boker bahahah …

Jam 6:30 udah siap-siap, gue dari panik udah mulai ke arah .. PASRAH .. ya menurut ngana heheheh ..

Pakai kursi roda, masuk ke Ambulance, terus gedung nya ke cuma depan-depan’an aja ya, ya udah turun dari kursi Roda gue jalan ke ruang sebelum operasi, gak tahu ruang apa namanya. Disini langsung ketemu sama suster operasi, ditanya ada alergi atau enggak, yang mana puji Tuhan lagi gue gak alergi obat atau suntikan apapun. Dan ternyata hasil check HB setelah transfusi 500cc , HB cuma naik sampai 9 … (mewek) jadi sepanjang operasi gue tetap menerima transfusi darah karena Dokter gak mau sampai kenapa-napa misalnyaaa yaa (amit-amit ketok meja).

Kan kalo di Grey’s anatomy kan kalo mau ke ruang operasi pake tempat tidur ya, eh ini enggak hahahah jadi gue masih pake infus gitu jalan sama suster operasi ke ruang operasi yang mana … DUINGIN, SHOCK lihat ala-alat operasi yang kayak lampu gede, terus ala-ala robot gituh, bahahaha panik gue aselik, disuruh ambil posisi duduk, terus tiduran, terus ditanya sama Pak Dokter Anastesi yang gue yakin udah S3 (Sampun-Sepuh-Sanget alias Sudah Tua Sekali) ditanya “Ini operasi pertama ya ?” gue jawab dengan lemas ” Iya Dok .. ” .. Dijawab balik “Oh ya bagus kalo gitu” ..LAH WHAT IS THE MAKSUD PAK DOKTERNYAAA NANYA YAAA ? mwuahahaha …

Oh well, setelah ditanya gitu, gue lihat dari infus dikasih kayak suntikan isi warna putih susu gitu, dan 5 detik dari itu gue .. gak inget apa-apa sama sekali .. dan setelah beberapa jam baru tahu ternyata itu adalah suntikan bius total hihihihi .. hebat bangeeet gue masuk ruang operasi jam 7:30, bangung-bangun jam 12-an kalik tuh .. dan operasi gue memang cukup lama sekitar 3 jam kalo nanya sama suster, karena perlengketannya cukup sulit dilakukan oleh robot nya, dan yang cukup menyenangkan gak perlu LAPAROTUMMY, yang bedah perut gitu .. hore akuh cenang cekalihhhh …

Selesai operasi, masuk ruang pemulihan, berat banget matanya melek dari obat bius, gue menggigil super kedinginan terus sama susternya dikasih penghangat dari bawah tempat tidur kayak ada pompa gas hangat, yang memang bikin hangat badan hehehe … Terus dikit-dikit maskoko masuk nengokin gue dan gue dicium keningnya .. duile maskoko romantis bener kayak di pelem-pelem luar negeri sana .. terus bokap gue masuk dan malah poto-poto muka gue yang masih nge-fly, terus bokap mertua masuk dan .. ngajakin ngobrol bahahah .. ini yang masuk nengokin gue pada gimana sikkkk .. hahhahaha

Selesai dari ruang pemulihan udah bisa dibawa lagi ke rawat inap itu kira-kira jam 3 sore, naik Ambulance lagih . howre ? oh not … hahaha … mesti mindahin badan pake pantat sendiri ke tempat tidur rawat inap dan bisa. Apa yang gue rasakan setelah operasi ? … PERUT GUE KEMBUNG .. oh ternyata dimasukin gas kan ya. Ini kembung nya sampe bikin dada gue sakit, dan gue belum bisa kentut hahah .. Gue udah boleh minum gak lama sih, karena usus gue udah bunyi, minum udah boleh pertama masih sesendok 2 sendok, terus makin lama makin banyak jadi pake sedotan.

Oh iya gue juga dikasih kateter yang mana jadinya mau gerak badannya juga bingung takut kateter nya ketindih apa gimana. Badan gue mostly kaku dan susah gerak karena kateter, untung gak ngalamin pegel di leher dan mual, itu sama sekali enggak. Cuma ya karena kateter jadi yang harusnya udah bisa miring kiri kanan ya masih gak bisa. Dan sampai malam juga belum bisa kentut. Duh .. ini kalo di twitter gue udah pake hastag #persoalanhidup deh …

Senin, 19 Agustus 2013, menurut Dokter Cepi, anaknya DR Wachyu, yang mana doi (selain cakep, menawan, dan karismatik) juga sebagai asisten operasi gue kemarin, hari ini harusnya udah boleh pulang, dan kateter sama infus juga sudah boleh copot. Tapih yaaa .. ini gue gerak badan aja masih sakit bangeeet yaak apa daya pemirsaaah .. gue belum bisa pulang hari senin. Ya mungkin gue manja, ya udah lah gak papa dibilang gitu, tapi emang beneran sakit Jooonn .. ini gerak aja susah banget. Daripada gue atas nama gengsi, karena banyak yang cuma nginep semalam langsung pulang, terus gue sakit di rumah malahan, mendingan gue tunda deh baliknya.

Gue udah boleh makan berlauk, tapi masih tetep bubur, ya gak papa deh yang penting ada lauknya. Siangnya di hari senin, temen-temen kantor nengokin, buanyaaak bangeeet , ya ampun makasih ya semuaaa, maafin kerjaan kantor gue pending dulu, maafin lho yaaa … untungnya boss gue pengertian banget deh ah. Itu juga nerima tamu, sumpah lemes banget hahah .. lah gimana enggak, perutnya masih kembung banget, jalan aja gak bisaaa akuh …. lah aku kudu piye ?

Malamnya, bener deh, setelah kateter dibuka, gue baru bisa gerak dan jalan ke toilet. Hih! Pas kateter dibuka, nah pertama kali mau pipis PR bener deh, gue pas banget pipis sama pup barengan jadinya mejret di seprei kasur sama pas di kamar mandi ..

Maskoko yang nyiramin pup gue, sampe toilet bersih, sampe subuh gue bolak balik manggilin dia buat nemenin ke toilet, padahal dia tidur dibawah, di lantai yang cuma pake alas bed cover gak pake bantal cuma pake tas gue doang … Duh, ini gue rejeki banget dapet suami kayak maskoko sabar nyaaaa minta ampun, gak rame pulak (Elus-elus maskoko)

Maskoko yang sudah sangat sabar sepanjang gue sakit (kasih sun ah.. )

Maskoko yang sudah sangat sabar sepanjang gue sakit (kasih sun ah.. )

Selasa, 20 Agustus 2013, Gue udah bisa tidur miring kiri kanan, gue paksain biar gimana pun gue harus gerak, duh tapi kembung gas nya ini gak main-main deh .. juara bangeeet .. gue masih minta bantuin maskoko kalo buat bangun sampai bisa sendiri. Hari Selasa gue baru bisa kentut sama pup keras cobaaak .. hahaha lama bangeeet emang .. makanya kembung yak perut. Menurut Dokter Cepi gue udah bisa balik, tapi maskoko bilang besok Rabu aja, tunggu sampai bener-bener bisa jalan dan gak ngerasa sakit. Oh ya udah lah, akupun dengan kekuatan bulan, terus upaya buat jalan-jalan menguatkan perut.

Rabu, 21 Agustus 2013, gue udah bisa balik, dari jam 9 pagi maskoko ngurus asuransi baru kelar jam … 13:30 huahahah .. iyah selama ituh pemirsaa, tapi Puji Tuhan semua di cover, makasih kantor kuuu, makasih XL semua biaya operasi yang gak murah, total laparascopy dengan biaya rawat inap gue, sebesar Rp 35 juta. Bener-bener bersyukuuuurr banget dicover sama asuransi.

Pulangnya, maskoko dan gue naik teksi, kita balik ke rumah Depok tempat ortu gue🙂

Yang paling utama, terima kasih kepada Tuhan Yesus, Bunda Maria yang selalu memberkati dan melindungi gue dan keluarga kecil ini, berkah dari kalian tak ternilai ..

Terima kasih buat doa, support, buat keluarga, sahabat dekat dan teman-teman kantor dan gereja ..

Terima kasih buat kakak, Koh Handoyo dan Darwin, kalian menyelamatkan hidup gue dengan darah kalian. ADIK KAKAK KITAAA BROOOOO =))) sabar-sabar aja punya adek kayak gueee …

Bukan sehat yang mahal, sakit yang mahal🙂

Setelah ini … bakalan sering olahraga, sama sekali bilang tidak ke junk food ala-ala ayam goreng tepung. Kita hidup lebih sehat dan perbanyak sayur serta buah ..

Terima kasih sudah membaca cerita yang panjang inih🙂

Cheers, Tere

24 comments

  1. duh kak tere. baca tulisan lo… duh :’) tetep sabar dan semangat yaak.abis ini bakalan dikasih sesuatu yg lebih indah pasti.ikhlas ya sama cobaannya. masi sempet”nye merhatiin tiap detik before dan after operasi. tanda bahwa anda begitu menikmati cobaan ini,yeaaahh. see you kapan” yaaa my ex-HCD :)))

    1. Makasih ya adik kodok … amin amin .. ini sedang recovery, dan terus optimis tiap hari. Sukses di tempat baru yaaa … buatlah kegilaan disanaaaahh … =)

  2. Ya ampun Ter kamu sampe perlu darah yaaaaa. Aku kemaren operasi kista jg, jd ovary kanan diangkat ehhhhh pas op usus buntunya kronis, langsung diangkat jg ama dokternya haha. Untung gak ada masalah setelah op hanya super kesakitan setelah obat biusnya abis hihi. Semoga sehat2 trus yaaaa Ter

    1. Hi Kakaaak .. waah ada kista juga😦 iya mbak inih datang bulannya hebat sekali. Aku nya yang lemes, ehh ternyata emang HB nya drop😦
      Yang sabar ya kakakkk … semoga segera datang hal indah untuk mu ..

  3. Sehat terus ya Teeer. Terharu bacanya banyak orang bantuin. Semoga cepet pulih ya…

    1. Thank you banget kakak Daniiiiii …. iyah sama aku juga terharus banget, banyak yang enggak kenal ituh padahal tapi semangat membantu nya tuinggiiii🙂

  4. Semoga lekas sembuk kak Tereeee *hugs* *ikrib*🙂

    1. iya ndak papa ah ikribbb heheheh makasih banget yaaaaa

  5. Hi Tere, I’m happy for you.. you nailed it!

    Saya juga punya endo (2 dan 5 cm). Meski sampai saat ini belum ada urgency untuk diangkat, but I will follow my body.. jadi just in case it’s getting worse, saya juga mesti siap operasi sambil berharap bisa laparascopy (soalnya terakhir kali breast tumor surgery, bekasnya jadi keloid.. huhu). You’re so brave and it’s inspiring lho! *thought you should know about that!*

    Cepat sembuh ya!🙂

    1. Hi Mbak Maya, salam kenal yaaa …
      Iya mbak, aku yang paling utama karena memang sakit datang bulannya sudah bikin ndak sehat, sakit nya sudah susah ditahan😦

      Terima kasih ya mbak, tapi keberanian itu sungguh datang salah satunya karena memang sudah ndak tahan sakit datang bulan hehehe .. mau ndak mau, aku juga harus bilang ke diri sendiri sampai kapan mau sakit kayak gini🙂

  6. Smoga sehat terus n no more kista yaaaa ter🙂

    1. Iya terima kasih yaaa, amin amin no more kistaaaa *tendang kista*

  7. Hi Tere,
    Semangat terus yaaah doaku u/mu sehabis ini sembuh total dari sakit mens / kista & endo.. Aku jg senasib sama kamu, 2hr lagi operasi sama dokter wachyu juga..
    Mudah2an setelah ini kita semua segera diberi momongan yah.. Amin !!
    Liat foto2 kamu jd semangat nih H-2 laparatomi (sangking udh 10cm jd gak bisa laparaskopi)
    Aku operasi di YPK

    God Bless You and Mas Koko

    Cherers

    1. Hi Mbak CT (iki sopo toh jenenge)

      Semangat Mbak!!
      Pokoknya kita percayakan ini semua pada Tuhan dan Pak Dokter, bahwa ini memang harus dilakukan untuk kesembuhan kitaaaa …

      Doa aku buat mbak nya juga ya ..

      1. Claria CT · ·

        Hi, aku claria..
        Akhirnya sudah melewati juga operasinya.. Hihihiii skg udh 16hr after operasi
        Senang ikut berbagi yahhh..

        GBU

      2. Hi Claria, semoga terus membaik yaaa dan semakin sehat ^^
        Tuhan berkati selalu🙂

  8. Ehhh, mahal amat ya laparoskopinya … aku kmrn sempet laparoskopi, abis operasi kateter udah langsung dicabut loh…
    Tetap semangaaaat!

    1. Aku baru cabut sehari sesudahnya huahahahah gak tahu apa maksud, aselik gegara kateter ituh gak bisa gerak banyak huahahah takut copot :))

      Iya semangaaattt!!

      1. Mana kalo pake kateter takutnya infeksi gt yah :s

      2. Huahahaha lebih ke arah takut copot sih huahahahah

  9. Up_Sarie · · Reply

    Just read your story, Thanks visiting my blog… experience-nya similar🙂

    Ikutan semangat liat perjuanganmu TTC … Keep fighting whatever and whenever :

    God Bless you

  10. cindyc · · Reply

    Kakak Tere..
    Salut ama semangat dan kesabarannya.. Semoga cpat pulih.. Sehat sehat sehat!
    Salam dari ms Suryo..
    Jesus Bless you🙂

    1. Thank you thank youuuu :”) Salam buat Mas Suryo yaaaaa

  11. hai mbak tere yang sejujurnya “ngacooo”, cuma mampu haha hihi baca blog mbak tere

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: