The Cycle …

IMG_9171

“Sakit datang bulan aja manja banget .. ”

“Emang bisa ya sakit datang bulan sesakit itu .. ? ah baru kali ini denger kayaknya”

“Ah itu kan penyakit hormon, biasanya juga kayak gitu kan …”

Buat yang pernah bilang kayak gitu, mungkin bukan ke gue, tapi ke orang lain, gue sih ya cuma bisa senyum aja sebenarnya. Cuma bisa bilang, semoga sakit datang bulan yang berlebihan itu gak kena ke orang yang kalian sayangi kelak (dan gue gak nyumpahin lho aseli enggak hehehe).

Buat yang sakit datang bulan nya memang berlebihan,dan gak ngerti apa yang dimaksud berlebihan disini kayak gimana ? Gue coba share ya sakit yang gue alami, kalo mau dibaca silahkan. Postingan gue ini adalah salah satu bentuk pembelajaran gue atas penyakit gue dan gue akan terus belajar tentang penyakit dengan gejala seperti ini :

1. Kalo setiap datang bulan, misalnya datang bulan elo siklusnya 28 hari, sama nih kayak gue, biasanya sakit di hari pertama dan hari kedua. Sakitnya dari pinggung perut bawah sampai punggung belakang. Punggung belakang sakit banget, sampe lo pengen ngegaruk pake benda tajam atau mukulin punggung elo. Pegel, mual, mules, semua ngumpul jadi satu.

2. Sakit di punggung belakang dan pinggul perut bawag bikin elo eneg dan mual. Bawaannya pengen muntah mulu. Badan gak enak, kayak masuk angin. Setiap elo makan atau minum pasti mual. Durasi muntah adalah 24 jam persis. Misalnya gue, muntah dari jam 1 subuh hari Jumat sampe Sabtu subuh jam 2 pagi. Seharian muntah mulu, sampe asam lambung gue naik. Kayak apa asam lambung naik ? Kalowarna muntah elo bukan lagi makanan, tapi cairan warna kuning yang keluar barengan sama ludah. Itu artinya perut elo kosong gak keisi makanan sedangkan elo mual muntah gak berhenti. Capek ? Jangan tanya, itu rasanya capek banget. Gue cuma bisa nangis seharian setiap kali datang bulan saking lelahnya ngadepin sakit datang bulan.

3. Darah kotor datang bulan udah bukan lagi darah yang cair, tapi gumpalan pekat seperti ati ayam. Merah tua ke arah coklat.

4. Siklus menstruasi elo gak beraturan, bisa maju atau mundur tanggalnya. Kalo gue, lebih cepat 3-4 hari setiap bulannya jadi gak pernah sama tuh tanggalnya.

Kalo gejala datang bulan elo seperti yang diatas, saran gue, ke DOKTER. THE SOONER THE BETTER. Bisa jadi nanti disaranin sama seperti yang diberikan ke gue yaitu ambil tes darah yang CA125. Tes ini adalah salah satu cara untuk mendeteksi apakah sakit datang bulan yang mulesnya minta ampun itu beneran karena hormon, atau bisa jadi elo diduga menderita kanker ovarium. Ok, kanker terlalu ekstrim, gak berarti kalo CA125 elo diatas 35, maka sudah pasti elo menderita kanker. CA125 gue : 50-an, at that time, gue tahu, ada yang salah sama diri gue dengan sakit datang bulan yang juaraaaa banget itu.

Setelah CA125, biasanya akan diminta USG. Kenapa ? karena USG salah satu cara yang paling cepat tepat mengetahui di tubuh lo ada penyakit apaan. Once hasil USG udah dapet, lo akan diminta balik lagi ke dokter ginekolog, untuk tahu detail tentang penyakit elo. Kalo emang elo gak ada penyakit apa-apa, ya Puji Tuhan Alhamdulillah .. silahkan bergembira .. Tapi , kalo misalnya elo dideteksi punya penyakit, seperti gue misalnya, mau nangis boleh, mau mewek boleh, gak nangis juga boleh .. terserah aja kok.

Gue share penyakit gue ya. Hasil USG pertama di bulan December 2012, gue positif ada kista ovarium di sebelah kanan dengan diameter 5 cm. Dan juga diduga ada endometriosis mengingat datang bulan yang juara sakitnya. Di bulan Januari gue dateng ke Dokter Budi Santoso, salah satu DR di RS Harapan Bunda, disini gue di USG lagi dan hasilnya, gue juga terkena Andemiosis, yaitu jaringan di dalam kandungan yang menyebabkan setiap datang bulan gue pasti akan mengalami mual dan sakit yang hebat banget. Apa ada dampak negatif nya ? ada. Gue dipastikan sulit hamil jika penyakit ini terus ada di saluran rahim gue. Jalan satu-satunya adalah OPERASI. Iya operasi.

Operasi yang buat gue aja disuntik itu nightmare. Terserah pemirsa kalau mau bilang gue cengeng. Gak papa, kalo cengeng biasanya cantik #Lah .. Gak cukup dari 1 dokter, gue pun ke RS Bunda Depok, ke dr.Fachri Razi,SpOG , salah satu dokter kandungan di Bunda. Dateng pertama kali, karena gue belum datang bulan jadi disarankan dateng lagi seminggu pas di hari kedua datang bulan. Yang mana, gue pasti dateng di hari ketiga heheh karena hari pertama dan kedua sakitnya gak bisa ditahan, bahkan bangun dari tempat tidur udah susah banget.

Dengan dokter Fachri gue melakukan USG dua kali, USG transvaginal sama Abd, atas dan bawah. Dan sama seperti dokter Budi Santoso sebelumnya, hasilnya sama, Gue adalah penderita Adenomiosis dan juga Endometriosi dan diketahui gak cuma satu, tapi kista ovarium gue ada dua, kiri dan kanan. Yiuk mewek lagi hahahah .. udah pasrah gue disini .. di titik yang ngerasa capek banget, ini kenapa harus gue yang ngalamin sik yaa, kakak gue aja gak ngalamin, nyokap juga enggak. Tapi gue kan gak mungkin nyalahin orang lain selain diri sendiri ya … jadi ya udah mari kita menyiapkan diri untuk kedepannya mesti gimana.

Nah, 2 dokter ini nyaranin gue untuk Operasi, bisa operasi besar atau kecil. Namanya Laparoskopi sama satu lagi metode nya Flap, duh maaf ya gue gak paham banget, inget namanya ribet, aselik! Ok, jadi harus operasi ya Dok .. Nah sebelum operasi gue disaranin untuk suntiuk Taproz, fungsinya untuk apa ? untuk mengurangi pendarahan dan rahimnya gak begitu lengket gitu, oh well kinda of lah ya penjelasannya ..

Jadi sekarang gue, menyiapkan diri untuk kapan gue mau operasi, menyiapkan buat dana nya, ya kali aja gak di cover kantor heheh (ketok meja, jangan sampeeeee) , tapi yang penting sih support keluarga termasuk suami ya🙂 Jadi bulan ini atau bulan depan, bisa dipastikan gue masih akan tetap sakit melintir kalau datang bulan, masih akan gak masuk kantor 2 hari dan berusaha gak pingsan karena sakit nya yang juara ini ..

Oh well, dari segala drama diatas, well … gue sih berharap ini drama dan bukan kenyataan hidup hehe, semoga gue kuat dengan semua ini, semoga kalau ya memang gue akhirnya siap menghadapi operasi gu bisa segera sembuh dan punya anak🙂

Ada Amin ? ^^

Cheers, Tere

19 comments

    1. Thank you Mbak :’)

  1. Amiin… Jesus bless you, mbak🙂

    1. Yes, HE IS and HE WILL ALWAYS yaaa ^^

  2. aamiin .. hikss sedih bgt bacanya akupun udah 3 kali hamil dan 3 kali gagal😦 mau periksa takut terus udah kebayang takut divonissss hiksss semangat yahh tere :))))) semoga lancar semuanyaaa aamiiin ;))

    1. Mbak Nuri mari kita berusahaaaa lagihhh hihihi … Amin semua lancar ya mbak …

  3. aminnn.. kumpulkan semangat, kamu pasti bisaaa..!!!

    1. iyaaah aku pasti bisa Cici Lewe .. mamacihhh ya …

  4. Aamiiin. Semoga lancar ya Ter segala prosesnya.

    1. Amin Mas Dani, thanks yaaa

  5. Amin ^^ … biar Kucica tambah rame🙂

  6. haii dek dian…#halahh..
    jd inget masa muda kakak dulu…hampir sama seperti dirimuu…tiap pms pasti pusing, kunang”, panas dingin, huek”..lebih parah kalau dikantor cuma bisa pasrah selonjoran di toilet kantor…cek ke bbrp dokter diagnosanya beda”..ada yg bilang no problemo, ada yg bilang kista, ada yg bilang kistanya ada 2 kanan kiri…dan yg lebih spektakuler waktu berobat ke salah satu dokter kondang di RS. Budi jaya ( ketemu tikam dong gw, ternyata dia berobat disitu jugak…* gapenting) dibilang rahim gw nunduk…jd mesti dilaparoskopi, yg dijelaskan secara garis besar bahwa nanti akan ada alat kayak tang tapi 3 sudut dimasukan diperut gw…nanti alat itu akan menarik rahim gw yg nunduk…helloowwhh dokter yg terhormat…lu kira jeroan gw layangan bisa ditarik ulur gitu…nah setelah dijelaskan dan diskusi dgn si mamas akhirnya kita mundur teratur ga datang” lagi kesitu…krn si mamas jg ga rela kl perut yayanknya diobok”..hihii…tmn jg ada siy yg ud dilaparoskopi tp tetuppp blm hamilton jg…jadi bukan faktor penentu juga kan…

    Waktupun berlalu…roda kehidupan terus berjalan…*kek cerpen baheula yak…hehee
    setelah kejadian diatas gw sempet vakum lama dari hingar bingar problematika seputar perut gw, nahh ujug” ada tmn kantor si mamas yg ngajakin berobat ke pak sobri…dia alternatif gituu…gw coba dtg…pertama datang alamaaakkk ngantrinya kyk ngantri beli tiket suju…ga ngarep banyak juga sih..sekadar pengen tau aja…setiap sabtu berobat kesitu, bayarnya sukarela..kecuali kalau ada tambahan obat itu pun ga lebih dari 500 rb, yg lebih gw suka berobat disitu dapat banyak teman, sharing cerita” tentang usaha mereka utk punya baby…jadi kita ngerasa senasib sepenanggungan…ada teman berbagi lah gitu kira”..hihii…

    Setelah berbulan-bulan berobat kesitu simsalabim abakadabraaa sekarang setiap datang bulan gw ga pernah merasakan dasyatnya sakit datang bulan….ya ga ilang banget” juga sih…masih berasa sakit juga…tp seenggaknya gw masih bisa ngelakuin aktifitas biasa..dan ga pake nangis” dikasur sambil narik” sprei lagi..hehee
    setidaknya salah satu masalah sudah berkurang…

    maap komennya panjang…begitulah kisah kakakmu ini dek…semoga ada hikmah yang dapat dek tere petik…haiyahh..
    udahan dulu yah..mau lanjut kerjoo…hehee
    sekian dan terimakasih…🙂

  7. semoga cepat sembuh ya,,,
    Aku juga kalau datang bulan sakit banget,, setengah badan gw rasanya pegal ,, linu ,, perih,, perut ke bawah kayak di tusuk jarum,,
    Gw juga cuma bisa nangis sambil guling2 di kasur kalau datang bulan,, minum obat gak mempan,,

  8. Seneng dehhhh iseng2 googling ketemu sama tulisan ini.. aku percaya banget deehh kalo ada menstruasi yang sangat dahsyaaattt.. karna aku sendiri ngerasai kalo haid itu tiap bulan sampe gulung2 bahkan ga jarang ampe pingsan2.. oh myyyyyy…. dan ternyata bener ajaaa… di laparoskopi baru ketauan aku endometriosis.. (bener2 bersyukur tiada tara dehhh cepet dikasih petunjuk sama Yang Diatas).. skg lagi masa pemulihan abis Operasi.. diliat dulu bulan ini< kalo masih sakitnya tiada taraaa.. aku harus di tapros kata dokternyaaa.. semangat yaa mbaaaaa… semoga setelah ini tiap bulannya bisa menghadapi haid dengan normal2 ajaaa… hhheee…

    1. Hi Utami, thank you udah mampir ke sini heheh
      Iya Puji Tuhan sekarang datang bulan gak sesakit kemarin-kemarin sampai tanya ke Ibu, kalo cewek sakit datang bulan juga gak sih normalnya hahahah
      Ini masih dalam proses terapi hormon, semoga segera membaik lah pokoknya ..

      Sama-sama semangat ya Utami ^^

  9. Salam Kenal Mba, penyakit mba kurleb sama dgn saya :: kista endometriosis & adenomiosis :p Selama ini saya ngrasa saya satu2nya perempuan #aneh yg punya penyakit tsb, trnyata hari ini saya tersadar bhwa saya ga aneh n saya punya teman senasib yaitu dirimu😉 GBU (God Bless Us)..

    1. Hi Mbak Henni, slaam kenal juga. Enggak kita gak aneh kok, we’re just brave enough to get this kind of kista hahahha =)))

  10. theresia yolanda · · Reply

    dr. budi santoso ok banget kok utk kaparoscopy kista endriometrosis. pengalaman pribadi. aku br operasi sktr 3 minggu yg lalu. sjr lupa kering smua dan bekas yg keliatan cm ada 2 dan itu pun cumaa baret kecil kaya kena cutter. dokternya asik jg, mau nanya2 ditungguin sama dia samapai selesai, dan dia punya solusi yg banyak. cek2 lab g kira2 ga perlu pasti gak akan dikasih sama dia, katanya jgn buang2 duit. berkesan sih. dan dokternya cukup fair kok utk ceita setiap resiko dari setiap tindakan yg akan dilakukan, dan balik lg ke kita mau lanjut atau ga.

  11. Udah baca nih…sama kak aku juga penderita endometriosis yg klo haid harus muntah muntah nangis hampir pingsan 2 harian…. Tapi kakak masih beruntung kista ovariumnya masih 5 cm, aku sudah 10 cm dan 6 cm…dan kakak lebih beruntung udah nikah…skrg terapi juga disaranin suntik tapros juga kak…gimana kak rasanya waktu disuntik tapros???? Reaksinya di badan seperti apa ??? Dan efek sampingnya gimana kak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: