Small wedding comes together with small budget ;)

Gue inget banget jaman gue masih awal-awal pacaran sama maskoko. Dulu emang belum kepikiran bakalan pacaran setahun lalu nikah ya, dulu cuma kepikiran kalo nikah nanti mau yang kayak gimana. Dan somehow, ini kayaknya kebawa deh gegara gue dulu kerja di bagian budget control, jadi rada-rada medit sama pengeluaran yang berlebihan hahahaha

Ada temen sekolah gue, namanya Wahyu, asik lah anaknya. Gue kenal deket banget juga enggak tapi kenal hehehe .. Satu waktu, dari FB gue tahu dia udah nikah tapi emang gak ngundang-ngundang alias gak gede2an, cuma di rumah aja setahu gue dan ngundang gank SMA yang emang setelah luluspun satu gank itu masih sama-sama dalam suka dan duka dalam untung dan malang #tsaaaah

Gue pernah tanya sama dia, dan gue inget banget dia bilang “Emang maunya gue nikah ya sederhana aja, yang penting sah di mata agama, negara,keluarga dan orang-orang terdekat gue.” As simple as that pemirsa.

Buat perempuan kebanyakan, siapa sih yang gak pengen resepsinya indah megah ya kan ? bunga dimana-mana, gedung gagah kokoh megah (kebanyakan aaaahhh-nya), catering nikmat tersaji. IYESSS dulu gue mau gitu, tapi kesininya gue kayak lebih menjejakkan kaki ke bumi. I want a very simple wedding ceremony and reception.

Tapi kan gak bisa ya gituuu ajee, secara di Indonesia orang tua pasti berperan penting dalam pernikahan, ya siapa yang mau diundang, ya catering, ya pokoknya semuanya. Suatu hari, bokap nyokap gue, di pagi hari yang indah di hari sabtu, ngajak gue ngobrol tentang konsep pernikahan. Mengenai biaya pernikahan, awalnya gue dan maskoko mau ini semua dari kita berdua, kita buat pernikahan yang simple dengan budget yang gak membengkak dan bikin menjerit “Awww awww” tapi orang tua gue mau ambil bagian.

Apakah membiaya biaya pernikahan dengan bantuan orang tua lantas elo akan dianggap tidak mandiri ? Dear ladies, percayalah, bila orang tua kalian memang sudah berniat untuk membantu, maka terimalah. Bukan karna elo malah nanti ongkang-ongkang gak keluar uang, bukan malah elo di cap gak mandiri, gak gitu .. Tapi ini adalah salah satu bentuk tanggung jawab terakhir orang tua menuntaskan kewajiban mereka, dan menurut gue … sama sekali gak egois, sama sekali gak norak elo menerima kebaikan mereka.

Waktu pernikahan kakak gue di 2006, itu pestanya bisa dibilang gede-gede’an, yang dateng kisaran 1500 orang dengan gedung yang memang besar. Tentu saja budget yang dikeluarkan pun besar. Tapi satu yang gue gak srek di pesta itu adalah, gue gak kenal sama yang dateng karena kebanyakan yang dateng adalah rekan kerja orang tua gue. Gue bernegosiasi dengan bokap. Dan Puji Tuhan haleluya, bokap gue bilang “Adek, kira-kira keberatan gak kalau pernikahan kamu tidak semewah pestanya mbak (kakak gue) ?” . Gue yang ditodong gitu sontak (gileee sontak) menjawab “Lhooo aku malah gak pengen resepsi besar-besaran lho pah … ” . Kayak Tuhan menjawab doa gue dan maskoko, yesss we have a very simple wedding …

Buat gue, obrolan pagi itu adalah start gue dan maskoko buat rancang ini itu berdua. Dan beberapa pengeluaran bisa kita tekan seperti :

1. Wedding venue. Ok, karena ini konsepnya pernikahan yang gak mewah, awalnya gue mau ngadain di rumah, kayaknya sederhana aja gitu dan gue suka. Tapi setelah gue pikir-pikir, kalo di rumah itu repot dan rumah jadi berantakan. Acara berlangsung 3 hari, di hari kamis untuk misa persiapan pernikahan, hari jumat untuk siraman dan sabtu adalah untuk misa pemberkatan di gereja. Kalo resepsi di rumah juga, alhasil menurut gue rumah malah berantakan. Oh well, karena yang diundang bener-bener adalah keluarga, tetangga, teman gereja dan teman kantor , dan kita tahu bahwa gue dan maskoko adalah orang Depok, jadi diputuskan bahwa resepsi di Depok. Maskoko awalnya pengen agak ke kota, tapi ya balik lagi, kalo di kota udah agak mahal tempatnya aja, jadi gue beruntung banget maskoko mau untuk resepsi di Depok aja (cium maskoko hihihi). Gue dan bokap nyokap lihat lokasi di Depok dan yang paling memungkinkan adalah hotel bumi wiyata dan paaasss banget gue tahu ada paket pernikahan, untuk 400 orang dibawah Rp 50 juta, horeeee lagih pemirsah … (joget pantat). Setelah nentuin tanggal (yang gak gampang) langsung DP 5 juta .. ok, gedung aman.

Kebetulan pas survei lokasi di Hotel Bumi Wiyata pas banget mau ada resepsi juga, pas kan lah ya tuh heheh … Disini paketan sudah termasuk sewa gedung (tentu saja), dekorasi full, catering untuk 400 orang, gubuk makanan free 3 dan 1 free untuk minuman atau es-es’an gitu, kamar suite 1 malam, dokumentasi selama acara dan akad (bila ada dan hanya akad yang dilakukan di gedung), mobil pengantin, ice craving tulisan nama pengantin, musik selama resepsi – biasanya organ tunggal. Dan untuk kapasaitas 400 orang, buat gue harganya mufakat banget.

2. Undangan. Cara menghemat undangan bisa dilakukan dengan kirim email atau melalui social media, misalnya Facebook. Beberapa teman gue sudah melakukan itu hehehe dan sangat inspire sekali pembaca setia. Untuk undangan ini, gue sudah survey ke pasar tebet, dan karena gue cuma bikin maksimal 250 harganya lebih dari 10ribu dan undangannya standar banget. Dan maskoko juga nampaknya pas gue ajak ke Pasar tebet gak cocok. Kalo gue emang ngerasa mahal dan undangannya kok standar banget (sangat medit gue nih). Jadi gue dateng ke Wedding festival di JCC, kalo gak salah Juli 2012 kemarin yah, lupa eike .. Wedding festival itu berguna banget, percayalah hiahahah terutama misalnya mau cari tempat honeymoon hihih … Undangan akhirnya dapet disini, harganya emang lebih mahal karena memang modelnya kita berdua suka. Kita berdua pesan 250 – jaga jaga aja sih karena kan yang diundang 200 tapi tetep ordernya 250. Harganya Rp 11 ribu, dan kenapa kita akhirnya ambil undangan disini, karena ada tulisan cina nya. Namapun calon suami eike kan cina ya jadi gue juga pengen ada tulisan Cina nya, enggaaaak gue mah gak malu apalagi gengsi. I’m proud being his Java wife to be hehehe …

Dibawah ini contoh undangannya,vendornya Sehati Cards, lokasinya di Tangerang gitu, deket sama kantornya maskoko jadi enaklah kalo ada apa-apa. Encik-enciknya baik bangeeet selama gue bawel nawar harga dari Rp 12ribu ke Rp 11 ribu dia sabar malah cenderung ketawa-ketawa hehehe … kan gue bilang “Ci baik deeeh nanti upahnya di surga lhooooo”

Pas gue googling si sehati card ini, horeeee testimonialnya gak ada yang kecewa semua baik dan cenderung memuji hihihi. Ini kayaknya usaha keluarga sih, model undangannya juga beragam.

3. Souvenir. Ini gue jadi bingung sebenarnya karena gue punya 3 jenis souvenir bahahahahha dan ini karena nyokap gue yaaak mau di setiap event yang gue lakukan itu souvenirnya beda-beda .. horeeee (not) hahah karena artinya budgetnya membengkak, isssh .. ya udah deh akhirnya gue turutin mama tercinta dan tadaaaa ini souvenirnya.

Souvenir Misa di rumah untuk persiapan pernikahan beli Mangga Dua Pasar Pagi, namanya Souvenir Batu Mulia, yang punya tante Hwa Ing. Ini adalah kipas (emak gue kayaknya obsesi sama kipas, dunno why) yang ada gambar bunda maria nya. Nyokap pas gue lihatin kipas ini langsung kesemsem dan jadilah gue langsung DP buat kipas ini. Harganya pake acara ditawar, gak afdol pemirsa kalo gak nawar, dari Rp 8ribu jadi Rp 7ribu ajah. Lumayan lho kalo dikali 150 kan yaaa hehehe

Yang kedua adalah souvenir untuk siraman, dan tak lain tak bukan adalah .. KIPAS jugak hahahahaha (mabok kipas gueeee), dan ini juga permintaan nyokap. Ok, untuk souvenir ini gue beli di Alfriandra Souvenir lokasinya di Cipinang Pulo setelahnya LP Cipinang. Disini harganya miriiiing semuaah, selisih seribu sama Pasar Pagi Mangga Dua, tante Tere udah check bebihhhh … Harga Kipas dan box nya Rp 5ribu gak pake nawar, harga pas. Ini Kipas gede ya, bahan kayu dan kain batik tapi emang bagus banget. Gue waktu itu beli souvenir kayak gini harganya RP 25 ribu. Kayaknya bisnis souvenir menguntungkan ya pemirsa …

Yang terakhir souvenir untuk resepsi.Bok, rempong ya emak gue hehehe .. Idenya maskoko adalah souvenir yang bisa digunakan dan gak cuma didiemin aja. Jadi bukan souvenir yang jadi tempat debu arisan, alias cuma digeletakin aja. Kita mau yang bener-bener bisa dipake. Akhirnya gue kepikiran tas. Buat cewek, tas tenteng itu berguna banget buat kalo misalnya kita mau istirahat trus kan mesti nenteng hape sama dompet, kalo pas tas jadi ringkes. Gue beli di Pasar Pagi mangga dua, dengan vendor yang sama untuk misa di rumah. Harganya Rp 8ribu, dan bahannya bagus dibandingin vendor souvenir lainnya. Kembali lagi, tante udah check yaaa

Untuk catering di gedung semua udah ada di paket, gue gak pusing lagi palingan tinggal test food aja. Yang jadi PR selanjutnya adalah catering di rumah pas misa dan siraman. Gue budgetinnya Rp40-45ribu untuk 100 tamu di tiap event itu, tapi masakannya enak. Gue coba tanya sama Kiki Catering, mereka kalo keluar dari Jakarta kena charge 10%, kumat pelitnya, gue gak mau. Pilihannya adalah Puspita Sawargi dan catering Manda dari Bintaro. Catering Manda dari Bintaro itu pilihannya bokap gue, hadeuh deh pak Iwan maunya masakan rumahan gitu. Tapi kita lihat saja ya, ini nanti gimana .. Gue sih maunya Puspita Sawargi, enak dan gak mahal.Pas di kantong maskoko (hiahahahaha)

Ada untungnya (banyak malah) karena gue ngambil paketan nikah di Hotel Bumi Wiyata, semua urusan gedung beres. Gue tinggal koordinasi sama Pak Toni, dari Ginto Decoration, partner nya Hotel Bumi Wiyata untuk Dekorasi,musik dan foto.

Karena yang kita undang nanti gak banyak, setengah dari undangan untuk maskoko dan setengahnya untuk gue. Jadi kalo misalnya ada yang bilang misalnya gue atau maskoko sombong gak ngundang kalian, enggak .. kita gak sombong. Kita ngundang gak banyak, karena kita berdua cuma mampunya segini dan ada prioritas yang dari awal udah jadi pakem buat kita, keluarga adalah yang paling utama. Kalo misalnya teman sekolah gue dan maskoko ada yang gak diundang, maafin banget, tapi kami berdua tetap minta doanya ya, doanya yang ikhlas yaaa .. Bukannya kita jahat misalnya gak undang, ihhh jangan dong pikiran buruk disimpan, kita berdua memang benar-benar harus mikirin budget supaya gak bengkak, gak ngundang bukan berarti putus hubungan kan ya🙂 Kita pasti kasih tahu kapan kita nikah, jadi buat teman-teman sekolah kami, mohon doanya … selain doa dari kalian, kami berdua gak pernah berharap lebih dari itu🙂

Mungkin nanti resepsi gue gak cakep-cakep amat, well we’ll see, karena doa gue dan maskoko walaupun kita irit tapi semuanya kita kerjain berdua, pusing mikirin dana ya berdua, bayar ini itu ya berdua, abis gajian langsung beli buat ini itu. Capek but yet we’re happy. Ini baru awalnya, dan gue gak sabar untuk menulis banyak cerita dari kita berdua.

Semoga info diatas berguna, dan ingat deh, ngambil paketan gak berarti murahan. Gak usah gengsi bikin pesta yang lo sendiri sebenarnya gak mampu. Bukan pestanya, bukan makan-makan mewahnya, bukan gedungnya kok yang bakalan kalian ingat, tapi kehidupan pernikahan lah yang paling penting. Semahal-mahalnya pernikahan, percaya deh .. pasti ada aja orang yang lihat cacatnya. Begitupun dengan resepsi kalian, reseps gue dan maskoko …. we’re doing our best sesuai dengan kemampuan kita🙂

Happy planning your own wedding,ladies ^^

Cheers,Tere

38 comments

  1. Akkk neng! Semoga dilancarkan semuanya yaaaaa.. *hugs*

    1. Mamacihhhh kakakkkk :)))

  2. hai tere,

    setuju banget sama kata2 mu “biaya pernikahan dai orang tua bukan tanda gak mandiri?itu sebagai tanda tanggung jawab orang tua untuk mengantarkan anaknya yg terakhir kali utk menjalankan amanat Tuhan”. Sayang,in my case is bonyok tetep mau wedding ala2 ribuan tamu (ya secara eike anak bungsu).Padahal akika maunya ala2 kawinan bali hore2 aja (ngarep) Cuman utk terakhir kalinya buat mereka bangga lah jadi ya ngiih nggih aja (tipikal ibu2 jawir bgt ya gw..hehehe). Good luck ladies, God bless you🙂

    1. *ngajakin pelukan* hahaha aselikkkkk pas kita bilang mau nikahan di rumah aja dengan biaya sendiri, awalnya iya-iya aja eh tapi namapun nyokap yang diundang mau dari temen senam sampe temen arisan hahahah untung gak banyak *nelen ludah* Akupun doakan kamu sakseeeiiisss abissss, aselik baca tumblr sampe sesek nafas jugak hahahahha … ini ekyeee ngurusinnya cuman saban sabtu minggu, jadi kayak racing hiahhaha …

  3. sehati dr jaman gw kawin kynya emang ud hepening sih ter.. hrg terjangkau dg hasil ok lah.. buat catering ituh, akhirnyaaaa ada yg pake kikiiiii.. gw doyannnnnnn… artinya gw datengnya ke resepsi lu ya, mau makan enak hahaha..

    1. Leweeeeee … hiahahaha … gue gak pake Kiki, soalnya dia kena charge lagi 10% .. ogah ah mehong neeik … Iya dateng yaaaa kamyuuu heeheheh

      1. yahh gw salah bacaaa.. ini mata liat nama kiki catering, lgs siwer bacanya.. ud keburu exciteeddd.. hahaha..

      2. bahahahaha hissshhhhh gilaaakkkk

  4. aseeeeek bumi wiyata, deket, sasakan masih cakep apalagi kalo dianterin abang ojek tambah yahud deh, saksyeeeesss yak, kalo ada yang mau dibantuin pas mingu2 terakhir bilang yak *pelukin tere*

    1. yaaah kok sama abang Ojeeeek hahahaah …. ke Jakarta sama suami gak kamyuuu …

  5. loh, souvenir buat yang cowok ga ada ter? *kayak ngerasa diundang aja buahahahaha😀

    1. Gue kan tau lo rada ngondek rip :)))) dateng ya Tukiikkkkk :)))

  6. HBW, tempat magang gw dl, tempat nikahan kakak gw jg dulu, tempat berenang gw …kapan2, apakah berurusan dgn mba puspa dsitu? lah jd nanya itu. assssooooyyyy deket niy dr, ga bakal dikalahin sm macet klo deket mah. #sangatngarepdiundang

    1. HBW apaan sih hahaha ;)) Gue gak di luar,di dalem Lia :))) Undaangggggg ;))

  7. salam kenal! mampir sini dari blognya Erlia. suka banget ama postingan ini, dulu pas aku nikah ga terlalu bisa mengontrol karena smua ada di kendali org tua. seperti yg kamu bilang, kawinan kalo gede2an itu yg dateng malah ga ada yg dikenal krn smua rekan orang tua bukan kenalan kita. anyway…gimana kawinanmu? udah apa belom?

    1. Aku masih November Mbak hihihi :)) yaolooo dikit lagih. Pas nikahan ini cuma kerabat dekat dan teman kantor,jadi teman2 orang tua yang buanyaaak itu gak diundang heheh

  8. Mba boleh di PM budget detilnya?? pacar saya lagi mau cari2 referensi untuk nanti acara nikahan kami.
    Thanks

    1. Hi Ryan, kebetulan aku memang dapetnya yang paketan, paket pernikahan untuk 400 pax 46 juta sudah termasuk :
      1. Gedung
      2. Catering
      3. 4 gubuk
      4. Dekorasi
      5. Foto selama pernikahan,
      6. kamar suite free satu malam,
      7. diskon 20% untuk semua pemesanan kamar oleh keluarga mempelai,
      8. Mobil nikah mercedes sudah termasuk driver nya
      9. Standing foto 4
      10. Buku tamu dan kotak angpaw
      Untuk souvenir aku beli di Cipinang raya, dan memang lebih murah dibandingin di Mangga Dua Pasar Pagi. Waktu itu aku beli kipas batik dan kayu yang besar sekali Rp 5ribu sudah termasuk Mika dan Pita, praktis dan cantik.
      Untuk kain kebaya dan jas, aku beli di Pasar Baru, Toko Rose, untuk Jas, hitungannya murah, 2 potong komplit 2.5 juta, dan untuk kebaya kalo kamu mau lebih hemat sebaiknya ya sewa, aku gak sewa karena bodi aku kan gede yaaaa heheheh #Uhuk
      Untuk foto prewed aku pakai fishphoto, 2.5 juta untuk paket outdoor sudah foto sepuasnya, dapat make up dan touch up make up, 30 foto yang dipilih dan 4 foto ukuran cetak untuk dipajang🙂
      Semoga bisa membantu kamu ya🙂

      1. Oke thanks banyak yah mba.. saya akan sampaikan ke calon saya nanti..🙂

  9. hai… aku mau tanya tempat souvenir yang di pasar pagi dong.. pengen banget punya souvenir kayak gitu.. yang bentuk tas mawar.. tp belum termasuk packaging nya yaa??…

    salam kenal yaaa =)

    1. Hi Sofi namanya tante Hwa ing orang cina baikkk deh eheh Ini nomernya 0816908983 bilang aja mau souvenir tas mawar kayak Dian Djohan dan harga termasuk packaging dooong hahaha gue mah gak mau rugi hihihi

  10. aihhh pas banget neh mbak aku juga mau nikah bulan depan pake paketan yang lebih murah jatohnya. undangan si cari di pasar tebet aja abis ribettt udh mepeett hehehhe

  11. hai..kenalan dulu sesama warga depok😀. Mau tanya untuk makanan di bumi wiyata itu catering dia sendiri ato dr luar ya? trus rasanya gmana?
    sy lg cari tempat untuk acara nguduh mantu buat adik sy.

    1. Makanannya catering dr Hotel, tapi kalo mau nambah dr luar boleh kayak Gubukan selama tidak menggunakan peralatan dr Hotel misalnya kompor, tidak dikenakan biaya. Tapi kalo cuma sedia gubuk dan kain hiasan gak bayar🙂

  12. Semahal-mahalnya pernikahan, percaya deh .. pasti ada aja orang yang lihat cacatnya.

    >> iki bener banget, hahaha…..

    1. Aku yo ngalamin hihihi

  13. OVER DP CAWANG KENCANA 3 MEI 2014 SIANG
    untuk capeng yang minat, aku udah DP 3 dr total 
    9.500.000 juta , mau aku lepas aja…pindah tanggal juga bs

    Pm 085710814424/ 08561704474
    email suliestias.askes@gmail.com

  14. mentary · · Reply

    Mba aku mau tnya doong, tu pket yg d depok 400 orng 48jt itu thun kpan? Dan klo mau tnya2 soal pket gdung d tmpat mba,saya mau mnta contact person ny bleh? Trma ksih

    1. Tahun 2012🙂 coba check ke Bumi Wiyata ya, Aku gak hafal nomer nya nih heheh coba googling aja🙂 nanti minta sambungin ke bagian marketing nya ya buat tanya-tanya.

  15. naaenaa · · Reply

    Thanks banget ci votenya .bagus bangett ini ceritanya ..jd makin semangat aja jalanin lika liku menuju pintu kebahagian .Gbu

    1. Sama-samaaa ^^

  16. Hi mba, postingannya inspiring sekali🙂
    Saya saat ini jg sedang mempersiapkan pernikahan, dan to be honest ingin pernikahan yg low budget sesuai dengan kemampuan saya dan pasangan.
    Setuju dgn yg mba sebutkan bhw bukan gedung dan makan2nya yg penting, tp kehidupan setelah pernikahannya itu yg utama🙂
    Have a wonderful life mba, thanks for inspiring me, doakan semoga persiapan penikahan (low budget) saya juga lancar🙂

  17. Tulisan terakhirnya bagus bgt..
    Tanya aku jg pengen bgt bs nikah di tempat yg mewah, dan pakai catering terbaik. Tp salah dipikirkan secara rasional, tidak terlalu penting acara resepsi pernikahan semewah2nya yg penting adalah kesakralan dan kekeluargaan nya sangat terasa..
    Terimakasih bgt buat motivasi nya..

  18. hai mbak Tere,
    kalau berkenan, tanya review Ginto bagaimana🙂
    cari2 belum ada yang review sepertinya

    thanks in advance🙂

  19. kak Tere makasih ya infonya🙂 Berguna banget serius buat kita2 yang budgetnya mini tapi mau nikah hehe

  20. Andrew · · Reply

    Over gedung/hotel resepsi pernikahan.
    Hotel Royal Regal di Mangga Besar untuk tanggal 9 Okt 2016 jam 7 malam.
    Prasmanan untuk 400 pax.
    Dekor standar.
    Dapat 1 pondokan es puter.
    Dapat 1 kamar untuk bermalam.
    Hotel bagus, kesan mewah dan klasik.
    Sudah termasuk dokumentasi dan foto.
    Harga yang sudah dibayar 78jutaan.
    Harga nego aja untuk yang minat serius.

    Hubungi :
    Andrew 081298818889

  21. Mbak mau tanya… Hotel bumiwiyata masuk kua mana? Terima kasih

    1. Aku nikah di gereja Mbak’e

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: