Lost in Kyoto-Day three #TereinJapan

Heeei .. wasssaaapppp #sokasikabis

Ok,karena kesibukan wiken kemarin #yaksip gue gak bisa aplot cerita selanjutnya dari trip gue ke Jepang, dan gue harap lo gak keriput nungguin ceritanya .. (ya sud lah gue pede aja yaaaa)

Kali ini gue mau share cerita satu hari gue selama di Kyoto dimana menurut gue, seharusnya gak cuma satu hari tapi dua hari. Sayang banget deh .. (sayang mana sama pacar kamu? #halaaah)

Gue tiba di Kyoto jam 6 pagi, perjalanan 8 jam itu memang bikin pegal. Tiba di stasiun kereta Kyoto dan merupakan terminal Bus Kyoto, disertai dengan badan dan gigi yang belum kena air, jangan tanya seberapa bau nya gue selama perjalanan disana hihihi ..

Berhubung masih pagi, jadi menuruti bukunya Claudia Kaunang, gue harus ke pusat informasi dulu, buat beli ticket buss pass selama 1 hari yang harganya 500 Yen per orang. Dan tourist information baru buka jam 8:30. Ok jadi apa yang kita lakukan untuk killing time selama di stasiun ? Kita makan hehehe … Cari coffee shop yang sudah buka, dan kita disitu aja sampe jam 8 lewat. Sambil nunggu di tourist information ketemu pasangan suami istri, dan gue disapa sama mas-masnya, karena .. dia satu pesawat dari Indonesia sama gue. Nampaknya dia mengenali gue dengan gadis (halaah apa sih gadis) bertopi rajut warna ungu.

Oh ya, selama gue di Tokyo gue gak nemu kit-kat yang katanya enak banget dan banyak rasa itu. Perasaan saban orang ke Jepang kit-kat jadi oleh-oleh wajib deh ya🙂 Waktu di Kyoto, gue nemuin kit-kat di stasiun Kyoto.

Ok balik lagi ke tourist information, setelah buka, kita ambil peta disana. Saran gue, ambil peta bus . Karena peta bus nya jelas dan komplit lokasinya. Dengan harga tiket bus 500 Yen itu, kita bisa keliling dengan bus regular ke tempat-tempat wisata. Kalo kita gak memanfaatkan layanan ini, gue naik bus dari guest house ke stasiun Kyoto kena 220 Yen. Sangat efisien sodara-sodara🙂

Dari Stasiun Kyoto, gue naik bus no 17, gak ada 30 menit untuk turun di pemberhentian bus Shijo-Kawaramachi. Cuma emang karena kita masih bingung kali ya, jadi sempet bingung lokasi Khaosan Kyoto Guesthouse dimana. Gue beruntung, temen gue si Fara, jago banget baca petanya hahaha .. jadi gue dan Fara sepertinya kombinasi yang pas hihihi .. Sampai Guest house, kita titip barang, karena check in di guest house jam 3 sore.

Kenapa gue pilih khaosan Kyoto ? selain harga per orang yang hanya 250o Yen, dan memang sudah recommend dari banyak web, ya apalagi ya bok hahaha .. murah itu nomor satu.

Di guest house bisa titip barang dulu, kan check in jam 3 sore. Plus numpang ke toilet sama update status (lagih). Setelah istirahat sebentar, ketemu family mart lagi, dan langsung bersorak YEAAYY!! Kalo di Jakarta mungkin akan begini “HEH!! ANAK FAMILY MART MANE LO ?!” Nagih banget nih family mart. trus lanjut jalan ke Sanjungsangendo temple naik bus juga. Dengan one day ticket buss itu naik bus cuma cukup nunjukin aja ke pengemudinya ya.

Tujuan selanjutnya adalah Sanjungsangendo temple dan Kiyomizudera Temple.

Sanjungsangendo temple adalah sebuah temple dengan 1000 wujud dari Dewi Kwan Im, dimana digambarkan bahwa Dewi ini merupakan wujud Budha dalam sosok wanita. 1000 patung dengan tangan-tangan ini, ternyata merupakan kisah bahwa Dewi Kwan Im dulu memotong tangannya agar menjadi santapan setan-setan kelaparan yang hendak memangsa ia dan ayahnya. Penghormatan rakyat pada Dewi Kwan Im diwujudkan dalam 1000 patung dengan banyak tangan di tiap patungnya. Gila, berasa pinter banget gue jelasin ini .. #ngajakintosswikipedia . Gue baru tahu, ada yang namanya buku cap temple, jadi cap temple itu berbeda, dan mengumpulkan cap tanda masuk atau sudah pernah ke sebuah temple itu seperti sebuah kebanggan. Masuk kesini gue berdecak kagum sekaligus menyayangkan kenapaaah gak boleh difoto huhuhu .. bagus banget lho .. Harga masuk Sanjungsangendo 600Yen.

Selesai dari Sanjungsaendo temple, disertai hujan yang galau, baru kali ini gue tahu ada hujan galau. Antara hujan, terang,hujan gituh .. hihhh .. gue akhirnya naik bus menuju Kiyomizudera temple.

Kiyomizudera temple ini, jalannya menanjak. Yang bikin kita hepi adalah (kita? oke fine, GUE!) di sepanjang jalan menuju temple banyak penjual souvenir hihihi .. seneng bangeeet .. Dan disini gue foto cewek-cewek Jepang yang pakai kimono ihihihi ..

Karena sudah siang juga, dan gue kan laperan yaaaa .. jadi gue dan teman-teman memutuskan untuk makan siang disana, senemunya rumah makan,dan ketemu rumah makan yang dikelola oleh Opa-opa gitu. Gue makan nasi dengan daging babi gitu kayaknya hahaha .. kayaknya ya, seinget gue sih gak halal. Harga nasi dan daging 850 Yen dan satu biji tempura 25o Yen. Minumnya sih gratis heheh🙂 Asiiikkkk ??? No, kan makannya tetep mahal hahaha #keseleksumpit

Ini ya mulut gue ya brisikkk banget, gak bisa gak sok akrab sama Opa-Opanya .. Jadi ya, gue ngomong sama ituh Opa-Opa pake .. BAHASA INDONESIA .. “Opaaa .. yuk foto yuk sama kita” dan diartikan dengan .. dia ngambil kamera temen gue mbak Hanny, dia foto tuh kita tanpa dia di dalam foto .. ya ampuuunn Opa, cubit nih pipinya #hah

Disini juga ketemu sama embak-embak dari Indonesia yang ke Jepang sama adik perempuannya berdua aja, namanya Hermina Setyawati .. dan gue terdiam, mencerna kata-kata Hermina. Apakah dia yang punya Rumah Sakit Hermina ? Apakah dia seperti tabung infus ?

Ngobrol-ngobrol sama orang Indonesia yang ketemu disana itu WAJIB🙂 kan kita ramah yaaa hahahah .. pertanyaannya seputar, naik apa? berapa lama ? sama siapa saja ? balik kapan? nginep dimana ? sudah kemana saja ? hihihi .. sampe hafal. Ada dooong kali yang nanya gue “Sudah nikah? mau sama saya? yiukkk” #laludiputusinpacar

Hih udah nanjak, mesti naik tangga lagi,aku capek pemirsaahhh capeeekkkk .#tampar Untungnya, langit disini bagus banget, jadi hasil foto temen-temen gue juga cakep-cakep. Ya kan gue cukup bawa Ipong aja hahaha .. Gue gak masuk ke dalemnya, kenapa ? karena ternyata di temple ini kudu masuk banget ke dalem, dan jalan ke arah bukit. Jadi secara ya (uhuk-uhuk) gue juga kan cuma sehari di Kyoto dan belum explore semua (baca:belum belanja) maka kita putuskan untuk gak ke bukitnya heheheh🙂

Turun dari temple, keliling naik bus, beneran keliling dan ada kali itu sejam yaaaaa gue tidur aja dong di bus, karena namapun adalah keliling hahah … trus ke Starbucks beli tumbler Kyoto, terus jalan-jalan aja sekitaran Shijo Kawaramachi, dan nemu toko-toko yang lucu-lucu. Untuk makan malam, beli KFC patungan sama beli makanan dari family mart, jajaaan aja terus yaaa … ya kan ding#hakdus!! mau ngomong dingin hihihi

Balik sampai di Guesthouse untungnya ya kami masih bisa ketemu sama orang Guesthouse. Ya gimana enggak, kita belum dikasih kunci kamarnya hahaaha aselik, edan banget lah. Mana habis belanja trus banyak plastik dan kertas gitu, pas masuk kamar … ziiiinggg .. sepi gilak, cuma ada satu bule perempuan lagi buka leptop.

Yang gue suka kamarnya enak, tapi tetep dingiiinn. Aselik selimutnya Khaosan Guesthouse nih ya, lembut empuk banget sama kayak badan gue deh bahahahah lo kate bantal!

PR banget adalah waktu lo mesti packing! Dan sekali lagi gue bersyukur, ada Fara yang jago packing. Buseeeet ahli bener. Gue curiga, apakah dia part time di DHL …

Oh iya, gue masih bisa pacaran pake skype wifi hihihi .. senaang bisa lihat muka maskoko yang kasih ciuman virtual hahahah .. malam itu, gue gak mandi, karena duiiinggiinn banget. Gak tahan eike ciinn .. gak tahaaan ..

Gue seneng banget di Kyoto, karena kotanya kecil dan indah. Pertokoannya gak banyak gedung tingkat, dan masih banyak rumah traditional yang cantik. Mcd di Kyoto lokasinya sama kayak warung makanan yang berpintu besi. Sederhana banget🙂

Ritme kotanya juga gak secepat Tokyo, gue gak ngerasa harus marathon kecil-kecilan kayak di Tokyo.

Gue berharap tahun depan gue bisa kesini lagi, dan stay lebih lama🙂 dan bersama maskoko .. *ciumcium*

Total pengeluaran gue hari ini :

1. Beli tiket one day buss 500 Yen

2. Bayar Kyoto Khaosan 2500 Yen

3. Masuk Sanjungsangendo Temple 600 Yen

4. Beli bakpau di deket Kiyomizudera temple 300 Yen

5. Makan siang 1.100 Yen

6. Beli KFC sama Camilan di Family Mart 300 Yen + 280 Yen

7. Beli tumbler Kyoto 1200 Yen

Total hari ketiga trip ini = 6,780 Yen ==> Lagi-lagi oleh-oleh disini gak gue masukin yaaaa🙂 Khusus bagian oleh-oleh, nanti gue bikin terpisah, supaya tahu harga oleh-oleh disana kisaran berapa .. oke yaaa ??? oke dongg kakaaaak #gealgeolpantatnya

Sampai jumpa di hari ke-empat, stay tuneee ya kakak ..

Cheers,Tere

7 comments

  1. Kitkat Addict · · Reply

    Now you can pre order Tokyo Banana cakes original from Japan from us! Hurry up😉
    Contact: 081388198878 (whatsapp/text) or twitter @kitkataddict ^^

    1. Wooowwww .. kereeeennn🙂

      1. Kitkat Addict · ·

        Feel free to contact me. ^^

  2. Wah….seru banget!! :))
    So…overall, would you say that Japan is expensive?
    Ada perbandingan cost ga, sama Singapore misalnya, atau berapa kalinya cost di Jakarta?
    *buat bahan pertimbangan…hehe*
    Thanks before😉

    1. Yeesss Susan, Japan is so expensive hahaha ..
      i can’t imagine how much i spent if i were stay more than 5 days ;)))
      Perbandingan cost nya, kalau misalnya nih gorengan deh ya, disana satunya 16ribu, disini kan dibawah 10ribu ya🙂
      Tapi kalau hostel sih murah ya, 300ribu per malam dapet kok …
      Susan ke Jepang kapan ?

  3. Hello bukk..diriku hadir di wordpress sekarang.. Ahh mau ke jepun mau ke jepun.. Aku berencana ke jepun sama cumamih (walau ntah kapan) thank you for posting this kind of review (walaupun belom semucanya ke baca) jadi bisa ada gambaran utk bikin itinerary😀 . Thank you tere..

    1. Pokoknya kalo mau tanya2 lewat email juga boleh Mbak.Tak jawab kumplit deeh :))

Leave a Reply

