Visa Jepang gak susah kok … Wanna know how ? :)

Iya, bener kok gak susah🙂

Ok, gue share ya how to-nya ..🙂

Gue bikin visa ke Jepang harusnya bareng sama temen-temen lainnya, tapi karena kesibukan (tsaahh) di kantor, gue baru bisa bikin Visa 2 minggu sebelum berangkat. Mepet banget ya hahah .. jangan ditanya lagi deh, gue mau bikin itu effort sama doanya bertubi-tubi.

Gue bikin visa emang udah diniatin bikin sendiri sama halnya pas gue ke Beijing dan India. Menurut gue gak susah,waktunya sudah kita prediksi, dan nah .. satu lagi nih, harganya jadi gak mahal🙂

Waktu gue tanya, jasa bikin visa langganan kantor gue, harganya Rp 6o0 ribu dengan masa kerja 6 hari bahkan lebih. Padahal kalau kita ngurus sendiri harganya hanya Rp 300 ribu,ongkos naik taksi Pulang Pergi Rp 50 ribu, dan dengan masa kerja 4 hari jadi (kalo gak ada masalah apapun ya).

Apa yang kita butuhkan ? Ok, kalian harus membawa dan MENGURUTKAN dokumen ini saat diserahkan ke loket visa di kedutaan Jepang, di alamat dibawah ini dan web nya : http://www.id.emb-japan.go.jp

Kedutaan Besar Jepang
(Bagian Pendidikan)

Jl. M.H. Thamrin No. 24, Jakarta 10350, INDONESIA
Telephone: (021) 3192-4308
FAX : (021) 3192-4820

1. Paspor asli ==> Saran gue, sebelumnya lo foto kopi dulu paspor lo, jaga-jaga aja

2. Formulir permohonan visa ==> lo bisa download form nya di web diatas🙂 Jangan lupa sertakan juga pasfoto 1 buah dengan latar belakang putih dan ukuran 4×6

3. Foto kopi KTP

4. Bukti pemesanan ticket

5. Jadwal perjalanan atau itinerary juga bisa lo download di web nya

6. Surat keterangan bekerja dari kantor

7. Fotokopi transaksi buku tabungan selama 3 bulan terakhir. Saldo akhir tabungan gue pas di print gak sampe 30 juta, tapi diatas 25 juta. Jadi kalo ada yang bilang kalo kudu butuh 50 juta itu gak bener ya🙂 Karena sebenarnya yang dilihat adalah bahwa memang ada transaksi yang rutin alias gaji.

Sedikit saran dari gue kalau elo mau apply visa :

1. Gunakan kerta A4 untuk semua print ya, jadi biar rapi.

2. Jangan lupa untuk mengurutkan dan menulis di pojok kanan atas nomornya. Percaya deh, ini memudahkan banget.

3. Pasang senyum dan ramah, ngobrol dikit sama petugas loket, ngebantu banget hahahaha ..

4. Kalo bisa dateng pagi, mulai buka jam 08:30 – 12:00, yang ngantri cukup banyak.

5. Waktu ngambil visa mulai jam 13:30 – 15:00, bukanya beneran jam 13:30 ON TIME, jadi saran gue datengnya pagian juga ya.

6. Banyak doa hahaha seriusaaan gue juga takut aplikasi visa gue ditolak…

Well, itu aja sih menurut gue sarannya, karena 4 hari setelah gue masukin, puji Tuhan visanya disetujui.

Satu hal yang gue suka dengan antri dan bikin sendiri visa adalah .. gue bisa ngobrol sama orang-orang yang antri, gue menyukai bertemu banyak orang dan tahu kendala-kendala atau cerita apa yang mereka mau share ke gue.

Waktu di kedutaan Jepang pas gue antri bikin visa, gue bertemu dengan the famous pastor Jose, pastor di JPCC yang super ramah, gue ngobrol sama mas-mas yang bikin visa buat bulan madu, gue ketemu sama bapak usia 70-an yang masih segar bugar, dan gue tahu bapak itu dulu naksir abis sama ibu-ibu penjaga loket visa .. How sweet ?🙂

Gue gak akan dapetin itu semua kalo visa gue dibuat oleh orang lain🙂

-Tere-

32 comments

  1. Hi….
    Mau bertanya dong. Pada saat pengisian formulir aplikasi visa jepang apakah harus selalu menyertakan refernsi undangan (guarantor & inviter) dari orang yang ada di Jepang?
    Kalao misalnya saya hanya travel atas biaya sendiri dan gak punya refernse apa tetp harus di isi yah bagian itu

    Makasih atas responsenya
    ayu

    1. Hi Ayu, gak usah .. kemarin gue sok-sok’an (padahal sih enggak tahu maksudnya ngisi gimana hahahah) ngisi dengan alamat referensi hostel yang gue inepin, tapi ternyata kalo emang gak ada referensi atau kenalan di Jepang, dimana kita kesana dengan biaya sendiri, ya gak usah diisi🙂

      Good Luck yaaaa🙂

  2. Hi…maaf bertanya lagi niy, untuk pengurusan visa jepang ini pengumpulan berkas harus di serahkan sama orangnya langsung apa bisa diwakilin ya? kalo misalnya pengumpulan berkas suami diwakilin sama gw (istrinya) boleh gak ya?
    Thanks alot…:)

    1. Setahu gue sih boleh ya🙂 pas gue bikin visa itu ada mas-mas yg bikinin buat calon bininya🙂 nanti pas ditanya ya bilang aja kenapa diwakilin🙂

  3. dasuberich · · Reply

    Hi Tere..enjoy ur blog very muchh!🙂

    Mau tanya dunk.. Utk minta surat keterangan bekerja dr kantor, apa bener hrs ada keterangan gaji? Hrs minta dr HRD + kudu dicap atau asal ada kop surat kantor aja boleh? (Opis kita sama soalnya…hihihi)🙂

    Thanks a lot for sharing!🙂

    1. Gak perlu ada keterangan gaji,detail banget hahaha .. ini bikin visa atau akad rumah =))
      Harus minta HRD, kalau cap sih tergantung HRD nya pake cap gak. Kalo ditempatku sih di cap heheh .. tapi biasanya di cap sih kakak🙂 Haaah .. ini siaaapaa sihhh opisss manaaaahh ..

    2. Oeeemgiiii !!! ini margrieeet!! hahahha baru lihat alamat emailnyaaah🙂

      1. dasuberich · ·

        salam kenal kakaaakkk :))

      2. Hahhaha reseee luuuhhhh

  4. nmoang tanya,,semua dokuem bisa bahasa indonesia ?

    1. Kayaknya bisa🙂 ini kan cuma buat ngisi itinerary sama form nya kan ya ? kayaknya itu keterangannya umum deh🙂

  5. hi there~ aku mau tanya nih, boleh ya?🙂
    aku berencana ke jepang sendirian utk liburan atas undangan dari keluarga disana, berhubung aku masih pelajar jadi tabunganku belum ada pemasukan rutin semacam gaji gitu (dan bisa dipastikan jumlahnya jg ga gede hehe :p) tapi selama disana semua biaya ditanggung keluargaku, berarti ga masalah ya jumlah tabunganku 3 bulan terakhir yg penting ada surat/dokumen dari penanggung aku disana?

    1. Hi Vina, boleh kok tanya ^^
      Setahu aku selama ada surat keterangan bisa🙂
      Jadi sebenarnya dari Kedutaan Jepang pun biar lebih yakin aja kita gak terbengkalai disana hehehhe …🙂
      Ihiiiyy .. aku sih gak sabar pengen kesana lagi kalo ada uang lebih bahhahahah …
      Happy Traveling …🙂

      1. wah oke deh kalo gitu, thanks yaa infonya😉
        jadi ga sabar pengen cepet-cepet terbang ke Jepang, maklum ini pertama kalinya kesana >< hehe

  6. halo mau nanya klo setelah 4 hari tahu ato tidaknya visa disetujui gimana ya, ada pemberitahuan dari kedutaan atau bagaimana? soalnya rumah saia bukan di Jakarta

    1. Hi Noi, di formulir visa jepang ada info nomor kita yang bisa dihubungi. Karena visa saya tidak ditolak jadi saya tidak bisa memberikan info ini, tapi seharusnya dihubungi atau kita ambil waktu setelah 4 hari datang saja🙂 karena waktu pembuatannya adalah 4 hari🙂

      1. oh begitu ya, makasih ya atas infonya

      2. maaf nanya lagi

        itu di form aplikasi ada name of your employer maksudnya nama perusahaan ato nama manager/atasan saia?

      3. Nama perusahaan🙂

  7. Hi, mau numpang nanya dong…
    Yang dimaksud dengan Guarantor or reference in Japan itu, maksudnya orang yang tinggal di Jepang yang akan menjamin kita selama di sana ya?
    Kalo kesana nya disponsori ortu, tapi ortu di Indo itu bukan termasuk guarantor ya?
    Mohon pencerahannya🙂

    1. Kalo reference gak usah diisi,gue kemarin ngisi nama yg punya hostel eh salah aja dong hehehehe :)) kata Ibu yg jaga loket nya Kalo emang gak ada ya gak usah diisi kan kita udah cantumin itinerary sama alamat selama disana🙂 Sukses yaaaa di sana🙂

  8. Hi Tere.. Tanya dong. Formulir permohonan visanya diisi dengan tulisan tangan atau diketik ya? Terus karena saya ibu rumah tangga jd diminta menyertakan surat ijin dr suami, nah apakah hrs dlm bhs inggris atau bhs indonesia ya? Thank you

    1. Hi Mbak untuk formulir aku download dari internet jadi aku tinggal ketik saja untuk pengisiannya lalu print. Tapi rasanya kalau tulis ndak papa deh🙂 nah untuk Surat ijin, aku belum tahu, tapi baiknya dalam bahasa Inggris karna semua formulir dalam bahasa Inggris🙂 Semoga membantu ya

  9. Dhani MA · · Reply

    selamat sore,mba. sy berencana k jep bersmaa istri tgl 29 maret 2014- 4 april(wisata).mau tanya apply visa:
    1.apakah surat ket kerja wajib (sy kerja di instansi pemerintah ygkebetulan atasannya sulit ngasih ijin cuti hehehe )cqoz ini kan keperluan pribadi?
    2.jika pemohon yg tertera di aplikasi saya ,namun karena kesibukan istri sy yg dt ke kedubes ,bisa?
    3.ada referensi hostel yg bagus ,murah :))?
    was was nih tkut visa ditolak mana tiket pp dah beli lagi .soribya klo ad pertanyaan yg repost.

    1. Hi Mas Dhani, setahu Aku kalau ngurus visa ke negara manapun Surat keterangan kerja itu wajib, eh sorry ya hahahah soalnya sepanjang ngurus visa pasti pake Surat keterangan kerja (India sama Cina juga gitu). Nah Surat keterangan kerja itu gak minta ijin atasan tapi keluarnya dari HRD kantor.

      Kalau diwakilkan bisa mas sepertinya, karena pernah ada teman yang kayak gitu juga.

      Untuk hostel, andalan Aku khaosan hotel, bersih banget dan murah. Khaosan ada di Tokyo, Kyoto sama Osaka.

      Semoga membantu ya🙂

  10. supriyanto · · Reply

    halo semuanya, nebeng ya.. barusan saya baca di web kedubes jepang, untuk visa wisata single entry, gak butuh surat keterangan kerja lho..
    trus mau nanya nih, kalo ngurus visanya bareng bini, apakah fotokopi buku tabungan bole pake punya saya saja atau bini juga mesti ngelampirin tabungannya? kemudian berkasnya digabung atau pisah ya kalo ngajuin bareng?

    1. Hi Mas Supriyanto, waduh kalau yang sekarang kurang tahu mas kalau udah gak perlu lagi, jaman dulu (asik deh jaman dulu) sih masih yes🙂
      Berhubung belum pernah bikin barengan sama suwami, gak tahu juga buku tabungan boleh gabung atau enggak, duh sorry banget gak bantuin jawab bener hahahahha *salim*

  11. pembantai · · Reply

    haloo .. saya numpang nanya, misalkan saya buat visa bulan oktober 2014 ya, terus saya berangkat ke jepang nya bulan april 2015, itu gimana ya ? atau buat dekat2 2 bln sblm berangkat atau memang bisa ? soal nya waktu yang paling sempet cuma bulan oktober 2014, kalau begitu gmna ya ? hehehe ,, maaf ga ngerti

    1. Visa berlaku 3 bulan sejak diberikan ke kita, baiknya sih sekitaran itu hehehe waktu itu saya berangkat April ke Tokyo, visa jadi nya maret. Kalo plan yang kayak kamu gak bisa setahu aku heheheh

  12. Ah, namanya penulisan Theresia-nya sama. Btw, punya info detail gak kalo nginap di rumah teman gimna?

    1. Mbak ada twitter gak ya? Nanti aku coba kenalin sama temen yang kalo ke Jepang selalu nginep di keluarga angkat nya🙂 thanks

  13. Hi There, mau tanya,
    saya ke jepang untuk keperluan kuliah, tapi di sana cuma satu minggu, dan dari pihak kedutaan saya disarankan menggunakan visa bisnis. Apakah surat keterangan bekerja bisa diganti menggunakan surat keterangan masih kuliah dari dekan kampus? Trima kasih

Leave a Reply

