Jogja punya semuanya .. kamu mau yang mana ? #liburanjogja1

“Susah banget mau liburan di kantor gue, ambil cuti nya susah, jadi baru bisa pergi pas weekend. Ih, pergi liburan macam apa mosok cuma sebentar banget ? Mana puas deeeh, kalopun ada pasti mahal deh .. “ Hmm .. familiar gak sama yang kayak gini ? Saya dulu juga mikirnya gitu kok, tapi kesini sini makin pinter cari trick buat liburan, asal ya memang niat dan mau repot dikit aja. Lho, kalo mau yang murah dan bikin tabungan gak jebol kan ya kudu repoy dikit yaa heheh .. Liburan hanya pas weekend gak cuma di kota brownies kok, coba ke Jogja deh. Murah? Banget, seru gak ? Seru lhaa .. Dengan budget hanya dibawah 1 juta kita bisa happy happy 3 hari dua malam, itu sudah termasuk akomodasi lho. Cari tiket pesawat yang promo, atau baik bus, atau kereta ekonomi. Gak perlu khawatir, hostel bersih & murah gak sulit kamu temukan di sekitar Malioboro.

“Di Jogja memangnya bisa apa saja ? yakin bisa murah liburannya ? jalannya gimana ? Memangnya kamu ke Jogja sudah berapa kali, kok bisa yakin banget ? “ .. Hehehe .. saya sering banget ditanyain sama teman teman, sampai akhirnya saya ajak mereka ke Jogja untuk buktikan bahwa banyak banget spot wisata yang murah dan bagus bagus banget. Siap ya ? Kita mulai ya .. hehehe .. Candi Prambanan, HTM Rp 15ribu hari biasa, dan Rp 17.500.- kalau weekend. Candi Hindu ini salah satu candi yang harus kamu datangi, indah banget, memang tidak seluas Borobudur, di siang hari kamu bisa nikmati pemandangan indah Prambanan, dan malam harinya, dengan Rp 75 ribu, penampilan drama tari Legenda Rama Sinta menyuguhkan misteri Prambanan dalam balutan sinar bulan. Mau nonton Bersama keluarga, atau teman teman maupun pacar ? Bisa kok J Selain Prambanan, di lokasi yang berdekatan, sayang banget kalau kamu gak mampir ke Candi Ratu Boko. Best time berkunjung ke Candi Ratu Boko itu saat senja, saat matahari tenggelam. Saran saya, sebaiknya gunakan tiket terusan Prambanan dan Ratu Boko, seharga Rp 37 ribu, sudah termasuk kendaraan pulang pergi, lebih irit hehe

Satu spot wisata yang paling saya sukai adalah Taman Sari, sebuah situs bekas taman Istana, yang letaknya berdekatan dengan Keraton. HTM Taman Sari hanya .. Rp 3.000 saja, plus Rp 1.000.- kalau kita mau foto foto dan ada bapak ibu yang akan menemani dan bertugas menjadi guide. Murah banget kan, saya saja hampir hampir merasa, terlalu murah dengan harga itu, saya bisa mendapatkan pemandangan yang indah dari Taman Sari. Untuk biaya bapak ibu yang menemani kita, memang tidak dipatok harga, sukarela saja, tapi jangan murah juga ngasihnya apalagi nawar (jitak nih hehe) Kenapa ? Karena banyak cerita yang indah, tentang sejarah Taman Sari. Jadi ada beberapa bagian di Taman Sari yang bahkan ada jalan rahasia yang katanya menuju ke keraton lho.Taman Sari ini sangat luas sekali, dua kali ke Taman Sari, saya bisa dapatkan view yang berbeda dari guide yang berbeda pula. Hebat ya ..

Aren’t we ladies love to shop ? Pasar Beringharjo sudah paling pas deh buat kita beli segala macam pernak pernik. Mau batik murah, mau kain batik yang lucu lucu, mau asesoris ataupun oleh oleh untuk teman kantor yang banyak ? Adaaaa semuanya disini. Ya namapun kaum wanita ya, sayapun balik kesini sampai dua kali … (duh maaf kalap deh) .. Pasar Beringharjo sama kok seperti pasar lainnya, beli banyak bisa ditawar, beli dikit juga bisa nawar🙂 Penjualnya baik baik, lucu lucu pula. Kalau bisa bahasa Jawa, bisa jadi kelebihan buat nawar, bisa dikasih harga yang lebih murah🙂 Batik dari harga Rp 15 ribu,souvenir lucu lucu yang isi 20-an biji bisa kamu beli dengan harga Rp 25 ribu juga. Jadi rasanya, kalau beli gelang lucu di Beringharjo, terus keinget inget harga di Jakarta, pasti rasanya pengen sesegukan heheh ..

Sudah saya bilang, menyenangkan sekali kan ke Jogja, rasanya tidak cukup sekali kesana, ingin berulang ulang kali pergi kesana, masih ada spot lainnya, seperti Museum Ullen Sentalu di Kaliurang, Borobudur, Keraton dan Pasar Seni Gabusan dan jangan lupa juga, wisata kulinernya gak kalah cihuy laaah .. heheheh. Saya sih senang senang saja Jogja menjadi pilihan wisata banyak teman teman, tapi Jogja jadi lebih macet ya daripada yang dulu. Kemana mana macet, jadinya waktu agar terbuang buat di jalan. Yah namapun salah satu kota besar, Jakarta saja macet ya … Saran saya, untuk wilayah wilayah yang memang tingkat wisata nya paling tinggi, lalu lintasnya bisa lebih ditertibkan, biar ndak macet hehe .. Dan baiknya, untuk tempat tempat Wisata harganya dinaikkan lah, toh menurut saya mufakat kok kalau dinaikkan lagi. Dari yang ada sekarang sih, menurut saya, ya maaf ya, terlalu murah. Saya mau kok bayar lebih mahal dan dapat pengetahuan tentang budaya Jawa heheh ..

Saya bukan orang Jogja, tapi sejak pertama kali ke Jogja, saya gak pernah bosan setiap tahunnya ke Jogja. Selalu saja ada alasan buat saya untuk ke Jogja. Selalu ada tempat baru yang akan saya singgahi. Selalu ada cerita baru yang saya sampaikan ke teman teman saya. Dan lucunya, teman teman saya selalu menunggu cerita yang saya bawa dari Jogja (moga moga bukan GR hihihi ). Tidak akan ada bosan bosannya , untuk kembali menyapa Tugu Jogja, atau sekedar berbicara hangat dengan mas mas penjual gelang rajutan warna warni. Atau berjalan menyusuri malioboro dan berakhir dengan minum susu jahe di Angkringan Cak Koting atau Lek Man. Jadi .. saya mau lho diajak oleh team @liburanJogja jalan jalan ke Gunung Kidul. Selain saya gatelan pengen liburan juga sih ya, belum pernah nih ke Gunung Kidul. Gak nyesel ngajak saya jalan, ibaratnya, ngajak saya sama aja kayak ngajak 10 orang deh hihihi (lalu dicubit cubit team @liburanJogja) .. Jadi, pilih saya dan saya akan share cerita cerita seru selama jalan ke Gunung Kidul. Just pack and GO!

-Tere-

4 comments

  1. mbak,boleh komen ga? candi prambanan candi hindu,bukan budha😀

    1. ya ampun kakak *tepok jidat jin yang bisikin gue* ih gue ganti yaaa , jadi harusnya Hindu yaaa … *lalu ngeliat nilai sejarah*

  2. waah..informatif bgt niy. Baru tau deh klo ada tiket terusan Prambanan-Candi Ratu Boko ;p.
    Pengalamanku waktu itu ke Candi Ratu Boko pas pagi menjelang siang, n asli panas banget di atas situ *gosong*😀
    Besok2 kesana pas senja deh..hehe
    Bisa liat sunset ga mba?

    1. Kalo kata temen gue sih bagus. Gue juga pengen kesana lagi dooong hihihih

Leave a Reply

