I’m half flashpacker and backpacker …

Hello again …

Jadi kapan itu di twitter pernah dibahas mengenai flashpacker dan backpacker, makanya gue sempet blog walking dan nemuin beberapa penjelasannya.

Gue nemu blog ini  (oh tentu saja hasil dari blog walking) http://www.flashpackerindonesia.wordpress.com, dari sini gue tau, gue ada di bagian yang mana.

#Apa bedanya flashpacker, backpacker sama Turis#

Ok gue gak plek plek ambil dari blog tersebut tapi gue lumayan mendapatkan beberapa referensi.

Turis : Kalo lo mau traveling, jalan ke tempat, kota,negara tertentu dan lo gak mau repot ngurusin mau nginep dimana, pergi ke sana naik apa, trus disana mau kemana aja, maka lo membutuhkan travel agent yang bakalan ngurusin semua muanya kebutuhan elo sama lo traveling. As simple as that, lo tinggal duduk anteng, terima beres, nyampe deh ke tempat tujuan.

Backpacker : Kalo elo berorientasi pada budget atau anggaran, yang artinya makin dikit keluarin uang makin baguuus,ya artinya label (halah apa sih label) lo adalah backpacker-an. Biasanya yang model kayak gini males banget diatur atur sama travel agent, maunya sak karep’e dewe heheh ..

Flashpacker :Betul anggaran atau budget pengeluaran selama traveling adalah concern nya lo, tapi lo juga mengutamakan experience dan kenyamanan selama traveling. Model Flashpakcer biasanya gak strict banget untuk urusan biaya dan mereka biasanya ikutan tour dalam kota yang sesuai budget mereka dan sesuai dengan plan or agenda mereka.

Kalo lo apa Ter’ ?

Tergantung tempat tujuan gue, misalnya gue lagi jalan ke luar negeri, gue cenderung flashpacker,kenapa ? karena gue gak pernah ke negara itu sebelumnya, sebut saja Thailand,India, dan Beijing … Kalo mau nekat ya bisa aja sih gue nelangsa gak pake tour jalan sendiri gitu, tapi gue punya waktu yang terbatas tapi gue pengen punya self experience juga, menurut gue, ngambil tour di kota tersebut gak ada salahnya, selama sesuai dengan plan yang sudah kita buat.

Tapi kalo masih di dalam negeri, dimana gue tau lokasinya,buat berkomunikasi juga gampang, secara masih Indonesia juga ya biasanya gue modal backpacker, perginya go show, tidur di hostel yang 80 ribu, terus cari temen yang bisa diajak jalan bareng, jalan2 keliling kota naik motor, cari makan yang murah murah, ya semudah itu ..

Sebagai flashpacker, gue punya keterbatasan waktu, misalnya waktu cuti, makanya untuk liburan ke daerah or negara yang belum pernah gue datengin, sebelumnya gue bikin perhitungan berapa budget atau uang yang gue harus keluarkan, gak lucu juga gue nge-gembel di negara yang bahkan berkomunikasi sama warganya pun gue gak bisa, ya kan ya kan yaaa hihihi … terus berapa lama gue akan tinggal di negara tersebut. Biasanya gue akan cari akomodasi yang nyaman, tapi dengan range harga yang masih in budget alias gak bikin miskin.

Misalnya dengan waktu 4 hari 3 malam, gue bisa dapet spot wisata mana aja dengan harga berapa. Untuk tempat tidur, biasanya gue cari yang nyaman, dorm room boleh juga, asal harganya masuk akal, biasanya gue cari yang semalem gak lebih dari range 200 ribuan.

Dengan plan yang gue udah bikin sebelumnya, gue pengen ke mana saja dan dengan budget yang udah gue perhitungkan, biasanya buat gue nantinya, di lapangan gak beda jauh sama apa yang sudah gue perhitungkan. Gue pergi juga nyaman dan spot wisata yang gue mau juga gue dapet.

Dan gue tiba tiba keinget sama temen kantor gue,mbak mbak yang sudah di posisi General Manager, yang punya passion buat traveling, dan dia pernah bilang sama gue “Ter’ kalo kamu jalan jalan, don’t think about money and worry to much. Kesempatan buat jalan jalan kamu manfaatkan, go out and have fun .. uang bisa dicari lagi, but kesempatan gak datang dua kali, kamu masih muda, hiduplah …” ah, bahkan seseorang yang sudah di usia 50-an pun, dia masih semangat untuk pergi jalan jalan🙂 amazing, huh ..🙂

Kalo menurut gue, elo boleh irit, asal jangan bikin lo sengsara selama traveling, more worst, lo gak bisa nikmatin traveling, karena lo terlalu pelit (dengan catatan lo mampu sebenarnya) bersenang senang dan mendapatkan values yang lebih baik lagi🙂

Eniwwweei, tiap orang kan beda beda ya booo … mau elo turis kek, backpacker kek, flashpacker kek .. selama elo happy dengan cara lo traveling, don’t care sama orang lain lah🙂 toh orang juga beda beda, lagian kalo lo mampu secara financial dan mendapatkan travel agent yang keren banget, WHY NOT ?🙂 bukan berarti lo cemen karena gak bisa berpetualang dengan budget yang minim kan heheh ..

Eeitts, sebelum berpisah, kalo mau ngajakin gue jalan gratis, I’m so much welcome lhooo hehehe🙂

-Tere-

Leave a Reply

